TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto saat screning donor plasma darah.

Kapolresta Malang Donor Plasma Konvalesen

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto bersama 57 anggotanya, melakukan donor plasma konvalesen di DPRD Kota Malang, Jawa Timur, belum lama ini. Ia berpendapat, satu contoh teladan, lebih baik dari banyak nasihat.

 

Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto saat screning donor plasma darah.

 

“KAMI berpendapat, satu contoh teladan lebih baik dari pada 1.000 nasehat. Karena itu saya mendorong para anggota untuk turut berperan dalam memberikan donor plasma. Karena masih banyak saudara kita yang membutuhkan,” kata  Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto usai screening plasma darah.

Ia melanjutkan, para anggotanya yang ikut donor plasma adalah para penyintas COVID-19. Hal itu sekaligus menjadi bentuk dukungan, khususnya dari Polresta Malang Kota, mewujudkan Bank Plasma Konvalesen ‘Dari Malang Untuk Indonesia’.

Secara keseluruhan, peserta donor darah plasma ada sekitar 100 orang,  termasuk masyarakat umum. “Personil dari Malang Kota ikut screening semua. Kalaupun sekiranya ada yang tidak lolos untuk plasma konvalensen, bisa untuk aksi kemanusiaan dalam donor darah,” katanya.

Kepala Bagian Operasional Polresta Malang Kota, Kompol Sutantyo yang juga menjadi salah satu peserta donor plasma darah mengakui, dirinya pernah dinyatakan positif COVID-19 pada 9 Juni 2021. “Setelah dinyatakan, sembuh, kali ini saya mengikuti screening plasma. Kalau lolos, bisa berbagi kepada saudara kita yang terpapar COVID-19,” ujarnya.

Hal yang sama disampaikan Nyoman, anggota Polsek Klojen. Dia berniat memberikan aksi sosial kemanusiaan donor darah konvalensen. “Saya pernah terkena COVID-19. Senang bisa berbuat sosial dengan membantu masyarakat yang membutuhkan. Karena kebutuhan darah plasma, sebagaimana data di PMI, cukup banyak,” jelasnya. (aji/mat)