Kabupaten Malang Punya Rusunawa ASN Pertama di Malang

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Setelah melalui perjalanan yang cukup panjang, akhirnya Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, diresmikan Direktur Rusun Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Ir. M. Hidayat MM, Rabu (11/12/2019) malam, bersama Bupati Malang, HM Sanusi.

 

Direktur Rusun Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Ir. M. Hidayat MM, bersama Bupati Malang, HM Sanusi dan Ketua DPRD, Didik Gatot Subroto saat peresmian rusunawa.

 

KEPALA Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM, menjelaskan, pembangunan rusunawa empat lantai yang berada di kompleks perkantoran Block Office Kepanjen, masuk Desa Penarukan, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang ini, ditangani Kementerian PUPR, melalui bantuan Program Perumahan Kementerian PUPR tahun 2018.

“Tahun 2018 Pemerintah Kabupaten Malang mendapat bantuan sebesar  Rp 25 miliar  dari Kementerian PUPR yang diwujudkan dalam bentuk pembangunan rusunawa. Bangunan ini memiliki 62 unit block. Setiap block luasnya 36 meter persegi,” kata Wahyu Hidayat dalam laporannya.

Bupati Malang, HM Sanusi membuka pintu kamar rusunawa.

Wahyu Hidayat menambahkan, rusunawa ASN ini merupakan rusunawa ASN pertama di Malang Raya. “Ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Malang terhadap ASN dalam rangka kemudahan mendapatkan tempat tinggal, ” katanya.

Peresmian Rusunawa ASN Kepanjen tersebut, ditandai penekanan tombol digital oleh Bupati Malang, HM Sanusi dan Direktur Rusun Ditjen Penyediaan Perumahan, Kementerian PUPR RI, M Hidayat.  Bupati Sanusi mengatakan, rusunawa ASN ini letaknya strategis, bersebelahan dengan perkantoran terpadu. Di sini ada kantor Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (DPKPCK), Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Peternakan, Dinas Koperasi dan UKM.

“Rusunawa ini merupakan bentuk dukungan yang sangat berarti bagi Pemerintah Kabupaten Malang guna meningkatkan kinerja, yang selama ini terus diarahkan melalui berbagai inovasi baru. Rusunawa ini mempermudah ASN dalam bekerja. Sudah ada sekitar dua puluhan ASN yang siap menempati rusunawa ini. Ke depan diharapkan akan dapat meningkatkan motivasi ASN dalam bekerja, ” kata Sanusi.

Mantan Ketua DPC PKB Kabupaten Malang ini menjelaskan, dengan adanya rusunawa yang disediakan bagi para pegawai yang selama ini masih berdomisili di Kota Malang, diharapkan rusunawa ini mampu mengurangi biaya hidup. “Dengan selesainya pembangunan rusunawa untuk ASN ini, dapat memberikan manfaat kepada para ASN yang masih belum memiliki rumah tinggal. Rusun adalah salah satu solusi yang tepat sebagai hunian modern yang lebih ramah lingkungan, ” terangnya.

Usai meresmikan Rusunawa ASN, dilanjutkan dengan penyerahan kunci kepada salah seorang  penyewa. Kemudian rombongan meninjau fasilitas kamar. Direktur Rusun Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Ir. M. Hidayat MM, mengatakan, Rusunawa ASN ini memiliki  fasilitas yang lengkap. “Beberapa fasilitas meliputi dapur, dua kamar,  dan satu kamar mandi. Selain itu juga terdapat mebeler yang lengkap di dalamnya,” katanya.

Dia menambahkan, keberadaan Rusunawa ASN ini untuk memberikan kemudahan bagi ASN, utamanya yang masih muda, dalam mendapatkan tempat tinggal. “Yang penting,  ada beberapa perihal yang patut dipatuhi oleh penghuni Rusunawa ASN. Jaga ketertiban dan harus saling toleransi antar penghuni,” terangnya.  (iko/mat)