Jusuf Kalla Puji Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Malang

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Memiliki sumber daya mumpuni dan peralatan yang memadai, menjadikan Seksi Penanggulangan Bencana (PB) PMI Kabupaten Malang, Jawa Timur menjadi rujukan dan mendapat pujian dari Ketua PMI Pusat.

 

Penandatangan pelaporan kinerja pengurus PMI Kabupaten Malang.

 

Ketua Harian PMI Provinsi Jawa Timur, Hadi Bagyo, SW, saat membuka Muskab PMI Kab Malang 2019.

HAL INI disampaikan Ketua Harian PMI Provinsi Jawa Timur, Hadi Subayo, SW, Jumat (22/03/2019) di Malang saat membuka Musyawarah Kabupaten (Muskab) PMI Kabupaten Malang 2019.

Subagyo menyampaikan, kinerja relawan penanggulangan bencana PMI Kabupaten Malang mendapat apresiasi dari Ketua PMI Pusat, Dr. Drs. HM. Jusuf Kalla. “Beberapa waktu lalu, Ketua Umum PMI Pusat menyampaikan pujiannya kepada relawan PMI Kabupaten Malang dalam menanggulangi bencana,  seperti di Lombok dan Palu. Dengan SDM (Sumber Daya Manusia) dan peralatan yang dimiliki dan kinerjanya, Tim PB PMI Kabupaten  Malang adalah rujukan nasional. Hal ini membanggakan PMI Provinsi  Jatim,” terangnya.

Menurut Subagyo, program PMI Pusat di tahun 2019 adalah membentuk satgas tangki air bersih. “Karena setiap ada bencana dan paska kejadian,  kebutuhan air bersih selalu tinggi. Untuk itu, tahun 2019, akan dibentuk Satgas Tangki Air Bersih. Dalam hal ini PMI Kabupaten Malang sudah mempunyai SDM dan prasarananya,” paparnya.

Dalam pembukaan Muskab PMI Kabupaten  Malang 2019 yang diikuti 127 orang dari perwakilan PMI Kecamatan, pengurus PMI Kabupaten Malang dan perwakilan relawan PMI Kabupaten  Malang, Ketua Harian PMI Provinsi Jatim, melakukan beberapa evaluasi.

Jika Tim PB, pelayanan ambulance dan pertolongan pertama pada kecelakaan serta kaderisasi PMR maupun KSR, mendapat pujian dari PMI Provinsi Jatim. Namun kegiatan donor darah di unit tranfsusi darah (UTD) PMI harus ditingkatkan. “Sebab masih kalah sama Surabaya. Ini yang harus ditingkatkan oleh UTD PMI Kabupaten Malang,” tegas Subagyo.

Dalam kesempatan yang sama, PMI Provinsi Jatim juga mengapresiasi kinerja tim bulan dana PMI Kabupaten Malang yang mampu menggalang dana hampir satu miliar rupiah. “Ini juga yang harus ditiru oleh PMI daerah lain. Jumlah Rp 949.291.850 adalah jumlah yang terbesar yang berhasil disetorkan dalam bulan dana PMI tahun ini di Provinsi Jawa Timur,” pungkasnya. (diy)