Jurnalis Kabupaten Malang Peduli Bencana Palu-Donggala

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Terjadinya bencana alam gempa bumi berkekuatan 7,4 SR yang diikuti tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tenggara, Sabtu (28/9) memantik rasa kemanusiaan berbagai pihak, tidak terkecuali Komunitas Jurnalis Kabupaten Malang, yang melakukan aksi penggalangan dana peduli bencana Palu-Donggala, Rabu (3/9/2018).

 

 

Aksi sosial Komunitas Jurnalis Kabupaten Malang untuk peduli bencana gempa dan tsunami Palu dan Donggala.

GEMPA BUMI berkekuatan 7.4 SR dan diikuti gelombang tsunami setinggi 1.5 meter di Palu dan Donggala menyebabkan ribuan orang terpaksa harus kehilangan jiwa dan ratusan orang lainnya menderita luka-luka. Tak ingin hanya sekedar menayangkan berita, para awak media baik cetak, online maupun televisi dengan area peliputan Kabupaten Malang, sepakat mengadakan aksi sosial dengan melakukan pengalangan dana.

Mengambil momen sidang paripurna di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Malang, sejumlah jurnalis lintas media Kabupaten Malang, seusai sidang langsung mengedarkan kotak sumbangan kepada para anggota dewan dan jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Malang. Hal tersebut langsung diapresiasi oleh Ketua DPRD Kabupaten Malang, Hari Sasongko. “Tentunya ini adalah hal yang baik, sebagai wujud kepedulian sosial sesama anak bangsa yang tentunya harus terus kita tingkatkan,”tutur politisi asal Kecamatan Tajinan.

Senada dengan Ketua DPRD, Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna juga merasa senang dengan aksi simpatik yang dilakukan para pewarta di Kabupaten Malang. “Kepedulian sosial untuk kemanusiaan itu tidak terbatas oleh ruang, dan para wartawan hari ini membuktikannya lewat aksi sosial peduli Palu, mereka telah menunjukkan aksi nyatanya,”terang Rendra.

Sementara itu Kordinator Aksi, Achmad Tauchid mengungkapkan terima kasihnya kepada para pihak yang telah membantu suksesnya aksi kepedulian yang digalang oleh Komunitas Jurnalis Kabupaten Malang. “Mewakili teman-teman saya mengucapkan terima kasih kepada Ketua DPRD Kab Malang, dan Bapak Bupati yang telah mengijinkan serta membantu kami melakukan aksi sosial hari ini,”ucap Tauchid.

Dalam aksi sosial tersebut, berhasil dikumpulkan total dana sebesar Rp 6 juta rupiah. “Jumlah ini memang tidak sebesar aksi pertama kami beberapa waktu silam, memang untuk persiapan aksi kali ini sangat mepet, bahkan bisa dikata aksi spontanitas. Kami berharap bantuan ini bisa sedikit meringankan beban saudara kita di Palu dan Donggala,”kata Bapak dua orang putera.

Penyaluran donasi menurut Tauchid akan dilakukan melalui PMI Kabupaten Malang. “Sama dengan aksi serupa Peduli Lombok, donasi akan kita titipkan ke PMI untuk penyaluranya, karena mereka yang lebih mengerti kebutuhan apa yang diperlukan disana, semoga saja bermanfaat,”pungkasnya. (diy)