Jurnalis Kabupaten Malang Galang Donasi Bencana Lombok

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM — Bencana gempa bumi di Lombok Utara, Nusatengara Barat telah memantik kepedulian sosial dari berbagai kalangan, begitu juga dengan awak media. Sebagai aksi kepedulian sosial, jurnalis Kabupaten Malang mengelar penggalangan donasi di Gedung DPRD Kabupaten Malang, Kamis (16/8/2018).

 

Penggalangan dana peduli gempa Lombok usai Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Malang oleh jurnalis lintas media Kabupaten Malang.

BERBAGAI awak media dari berbagai media massa baik cetak maupun elektronik usai Sidang Paripurna Istimewa yang memperdengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo langsung mengelar aksi sosial di dalam Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Malang.

Kordinator aksi, Achmad Tauhid menyampaikan, sebagai mahkluk sosial, manusia dianugerahi empati terhadap derita yang diderita sesamanya. “Aksi ini adalah bentuk kepedulian kami sebagai jurnalis terhadap penderitaan yang dialami saudara kita di Lombok akibat gempa dahsyat beberapa waktu lalu,” terang jurnalis senior dari media online ini.

Serah terima donasi kemanusiaan peduli gempa Lombok dari jurnalis lintas media Kabupaten Malang ke PMI Kabupaten Malang.

Tauchid kemudian menambahkan, sebagai jurnalis, kali ini para awak media yang ada di Kabupaten Malang tak ingin sekedar hanya memberitakan belaka. “Selama ini kita hanya membuat berita, kita ingin lebih dari itu, dengan aksi nyata penggalangan donasi ini kami ingin berbagi dengan saudara kita, kita peduli dengan nestapa yang saat ini sedang mereka rasakan,”jelas Bapak dua orang putera.

Dari hasil pengalanggan dana yang menyasar para Forpimda Kabupaten Malang, Anggota DPRD Kabupaten Malang, para OPD Kabupaten Malang, Camat se Kabupaten Malang serta Kepala Desa atau Lurah di Kepanjen, berhasil dikumpulkan donasi sebesar Rp 10.557.000,-. “Hasil donasi ini langsung kita serahkan ke PMI Kabupaten Malang, yang nantinya biar pihak PMI Kabupaten Malang yang menyalurkan ke saudara kita di Lombok,”ujar Tauchid.

Dalam kesempatan tersebut, pria yang sudah malang melintang sebagai pewarta ini menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses aksi sosial peduli gempa Lombok. “Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Malang, Bapak Ketua DPRD yang telah merestui kami melakukan aksi sosial, para FORPIMDA, OPD serta semua pihak dan rekan-rekan jurnalis Kabupaten Malang yang telah membantu aksi kali ini,” ucapnya.

Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Malang, Hari Sasongko mengapresiasi apa yang dilakukan oleh para pewarta di Kabupaten Malang, khususnya yang biasa berkerja di lingkungan DPRD Kabupaten Malang. “Tentu ini adalah hal positif yang harus diberikan apresiasi, kepedulian sosial seperti ini adalah alat pemersatu bangsa. Saya berharap hal baik seperti ini bisa menular ke yang lain,” pungkas Hari Sasongko. (diy)