TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Wali Kota Malang, Sutijai dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan, dan Kawasan Pemukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, Ir. Hadi Santoso, mendiskusikan pembangunan Jembatan Tlogomas.

Juli 2021, Jembatan Tlogomas Dikerjakan

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Pembangunan jembatan Tologomas di Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur segera terwujud. Jembatan yang menjadi jalur alternatif dari Jl. Raya Tlogomas ke Jl. Saxophone atau sebaliknya itu akan dimulai pembangunan fisiknya pada Juli 2021.

 

Wali Kota Malang, Sutijai dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan, dan Kawasan Pemukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, Ir. Hadi Santoso, mendiskusikan pembangunan Jembatan Tlogomas.

KEPALA Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang,  Perumahan,  dan Kawasan Pemukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, Ir. Hadi Santoso mengatakan, 2 hari lagi (28 Juni 2021) dilakukan proses penetapan pemenang tender proyek bernilai kurang lebih Rp 44,8 miliar. “Jika sesuai jadwal ULP (Unit Layanan Pengadaan) timeline-nya benar,  maka tanggal 28 ini sudah ada penetapan pemenang,” katanya, Sabtu (26/06/2021).

Berdasarkan data Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Malang, per 25 Mei 2021 lalu,  lelang jasa konstruksi untuk Jembatan Tlogomas sudah diumumkan. Pagu anggarannya dipatok senilai Rp 44,54 miliar.

Kemudian,  pada 5 Mei 2021 lalu juga telah dilakukan lelang jasa konsultan Jembatan Tlogomas dengan pagu anggaran Rp 304 juta. Sehingga, total anggaran yang disiapkan kurang lebih  Rp 44,8 miliar.

Menurut Soni —-panggilan akrab Hadi Santoso—- setelah pengumuman pemenang, segera dilakukan pre award meeting dan penandatanganan kontrak pekerjaan sebagai tahap akhir sebelum konstruksi dikerjakan. “Setelahnya, tinggal proses pre award meeting kemudian langsung SPK (Surat Perintah Kerja),” jelasnya.

Lebih jauh Soni mengungkapkan, Jembatan Tlogomas ini dibangun untuk mengurai kemacetan di wilayah barat Kota Malang. Targetnya,  rampung akhir tahun ini. Nantinya, struktur rangka konstruksi jembatan dibuat standar dengan struktur baja, dengan  panjang 100 meter, lebar 14 meter.

Tak hanya itu, pembangunan jembatan penghubung ini rencananya juga bakal dibarengi dengan pelebaran jalan di sekitar jembatan  guna menunjang akses Jembatan Tlogomas. “Konstruksi sama bahannya dengan Jembatan Kedungkandang. Pakai baja. Untuk pelebaran jalan di sekitar jembatan itu juga dilakukan nanti. Mudah-mudahan anggarannya bisa diusulkan di PAK nanti,” pungkasnya.  (div/mat)