Jelang Natal, Harga Stabil, Tim Satgas Pangan Temukan Boraks

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Untuk memantau kondisi harga dan pasokan sembilan bahan kebutuhan pokok (sembako), Tim Satgas Pangan Kabupaten Malang, Jawa Timur melakukan sidak di Pasar Turen, Kamis (20/12/2018). Hasilnya, petugas mengamankan  boraks atau kethek sebanyak 51 sachet.

 

TIM YANG TERDIRI dari aparat kepolisian, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan dan Bulog, serta Satpol PP, sejak pukul 09.45 – 12.00 WIB, menyisir Pasar Turen.

Kepada awak media, Kanit Reskrim Polsek Turen, Iptu. Hari Eko Utomo menyampaikan,  tujuan dilaksanakan sidak adalah untuk memantau pergerakan harga, pasokan barang, dan kondisi barang di pasaran menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2019.  “Sasaran giat atau operasi yang kita lakukan  itu. Namun  hari ini berhasil mengamankan boraks atau kethek sebanyak 51 sachet,” terang Hari.

Sidak yang dilakukan Tim Satgas Pangan di Pasar Turen.

Menurutnya, barang kimia berbahaya yang sering disalahgunakan sebagai bahan makanan itu disita dari tiga orang pedagang. “Nanti kita akan lakukan pendalaman dari mana mereka mendapatkan boraks ini,” tegas Kanit Reskrim Polsek Turen.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kabupaten Malang, Hasan Tuasikal, mengatakan, menjelang Natal dan Tahun Baru 2019, tidak ada gejolak harga yang berarti.  “Untuk harga masih dalam kondisi stabil, tidak ada gejolak yang signifikan. Kalau ada kenaikan,  hanya sampai 2%,” jelasnya.

Mendekati Natal apakah perlu ada operasi pasar? “Saya kira tidak perlu, karena operasi pasar dilakukan jika kenaikan harga sudah di atas 20%. Saat ini kan masih wajar. Pasokan juga aman. Jadi masyarakat jangan khawatir,” himbau Hasan.  (diy)