Jelang Natal dan Tahun Baru 2020, BNN Tes Urin Sopir Bus

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Sebanyak 15 sopir bus menjalani tes urin di Terminal Dampit, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (14/12/2019) siang. Hasilnya, tak satu pun yang terindikasi menggunakan narkoba. Tes urin dilakukan untuk menciptakan situasi kondusif jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 sekaligus menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas.

 

 

Salah satu sopir sedang menjalani tes urin.

HAL INI dikatakan Kasi Rehabilitasi BNN Kabupaten Malang, Drs. Mohammad Khoirul, MM, kepada awak media di sela-sela Operasi Lilin 2019, bersinergi dengan Polres Malang di Terminal Dampit,  Sabtu (14/12/2019) siang. “Kami berupaya menciptakan suasana kondusif lalu-lintas dengan melakukan tes urine sopir angkutan umum,” katanya.

BNN Kabupaten Malang bersinergi dengan Satlantas Polres Malang mengadakan operasi gabungan ramb check angkutan umum/bus dan pemeriksaan urine bagi para pengemudi. Giat  ini melibatkan beberapa instansi  terkait, antara lain Satreskoba Polres Malang, jajaran Polsek Dampit,  dan Dinas Perhubungan.

Sebelum tes urin, digelar apel pasukan, dipimpin Kasat Reskoba Polres Malang,  pemeriksaan urine, dan pemeriksaan kesehatan (tensi darah) kepada para pengemudi angkutan umum/bus.

Tidak hanya itu. Juga dilakukan pemeriksaan kelengkapan surat dan kelayakan kendaraan, pemberian informasi terkait bahaya narkoba bagi para penumpang, dan kampanye stop narkoba melalui pemasangan stiker di beberapa titik di wilayah Dampit (Kantor Kecamatan dan Terminal Dampit).

Kasatreskoba Polres Malang, AKP Anton Widodo mengatakan, operasi tersebut sebagai bentuk antisipasi pengamanan dari beragam tindak kriminalitas menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020.  “Alhamdulillah, operasi berjalan sukses dan lancar. Dari 15 sopir yang mengikuti  tes urine,  semuanya negatif,” katanya. (had/mat)