TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Direktur Polinema, Drs. Awan Setiawan, M.MT., M.M., menyematkan tanda peserta Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

Jelang Kuliah, Polinema Bekali Mahasiswa Baru

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Memasuki perkuliahan Tahun Akademik 2021/2022, Politeknik Negeri Malang (Polinema), menggelar prastudi secara daring, Sabtu (21/08/2021). Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang diikuti sejumlah mahasiswa baru ini diselenggarakan selama tiga hari, 21, 22 dan 29 Agustus 2021.

 

Dua mahasiswa baru Polinema mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) secara daring.

 

STAF Ahli Pembantu Direktur (Pudir III) Polinema, yang merupakan Ketua Pelaksana Prastudi, Dr. Nawir Rasidi, ST., MT., menjelaskan, selain prastudi, ada dua kegiatan lain, yaitu manajemen diri dan expo kelembagaan kemahasiswaan yang akan dilaksanakan pada  September 2021.

Direktur Polinema, Drs. Awan Setiawan, M.MT., M.M., menyematkan tanda peserta Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

“Mahasiswa baru harus diberi pengenalan kehidupan kampus. Materinya tentang fasilitas kampus, beasiswa, PKM, dan SKKM,” kata Dr. Nawir Rasidi, ST., MT, Senin (23/08/2021).

Staf Ahli Pudir III yang juga Ketua Pelaksana Prastudi ini menambahkan, ada juga materi wajib dari BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme), Kementerian Kominfo tentang Etika Bermedia Sosial, BNN (Badan Narkitka Nasional),  dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi tentang Merdeka Belajar – Kampus Merdeka.

“Meskipun dilaksanakan secara online namun tidak mengurangi esensi pelaksanaan kegiatan prastudi. Bahkan kita lebih mengeksplor dengan tayangan virtual berupa video dan animasi,” ujarnya.

“Perkuliahan akan dimulai pada  30 Agustus. Minggu ke-1 sampai minggu ke-9, perkuliahan akan dilaksanakan secara daring. Setelah ujian tengah semester, perkuliahan akan dilaksanakan secara luring. Untuk perkuliahan luring, Polinema telah menyiapkan GeNose,” kata Direktur Polinema, Drs. Awan Setiawan, M.MT., M.M.

Pembantu Direktur III, Dr. Eng. Anggit Murdani, ST., M.Eng., mengatakan, melalui  prastudi ini, Polinema ingin memfasilitasi mahasiswa baru  agar  lebih mudah masuk ke dunia perkuliahan. Mahasiswa baru diharapkan dapat memperoleh gambaran dengan jelas sehingga ketika memasuki perkuliahan dapat berjalan lancar.

“Di kondisi saat ini, banyak kendala terkait adanya pembatasan untuk beraktivitas secara luring. Meskipun dilaksanakan secara daring, proses pengenalan kehidupan kampus diharapkan dapat berjalan dengan baik. Tantangannya adalah panitia harus bisa mengemas materi sedemikian rupa agar materi pengenalan kampus dapat tersampaikan dengan baik,” kata Pudir III.

David Orlando, Presiden BEM Polinema, pada kesempatan tersebut, mengharapakan agar mahasiswa baru dapat memanfaatkan kesempatan dengan baik dengan bergabung di politeknik terbaik, Polinema.

“Saya berharap di kondisi pandemi, adik-adik tetap belajar dengan giat, mengeksplorasi diri, berbuat kebaikan,  dan berprestasi untuk nama baik Polinema. Pandemi tidak menghalangi kegiatan positif dan semangat kita untuk tetap berprestasi serta menjadi yang terbaik bagi almamater, nusa dan bangsa,” tutupnya. (div/mat)