Jasa Tirta Berlakukan Piket Banjir

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM –  Perum Jasa Tirta 1, memberlakukan piket banjir di kawasan Bendungan Sutami, Karangkates, Kabupaten Malang. Jawa Timur.  Hal ini dilakukan sebagai upaya mengetahui sejak dini akan terjadinya bahaya banjir.

 

 

Perum Jasa Tirta 1, memberlakukan piket banjir di kawasan Bendungan Sutami, Karangkates, Kabupaten Malang. Jawa Timur.

JURU PINTU Air Bendungan Sutami, Wiwin Prihantono menjelaskan, ada batasan angka tertentu sehingga, harus membuka pintu air. “Kalau mencapai batasan yang telah ditentukan, kita akan buka pintu air. Untuk itu,  selalu dilakukan koordinasi, baik antar bendungan maupun dengan petugas pintu air,” tuturnya ditemui di kantor Jasa Tirta 1, Kamis (27/12/2018).

Juru Pintu Air Bendungan Sutami, Wiwin Prihantono memberikan keterangan.

Salah satu indikasi pembukaan pintu air, ketika ketinggian air sudah melimpah, atau telah mencapai batas ketentuan. Namun demikian, sebelum dilakukan pembukaan pintu air, harus dipastikan terlebih dahulu bahwa penggunaan sumber daya listrik sudah berjalan dengan optimal.

“Ada pelaporan data setiap 3 jam sekali dari petugas di lokasi. Selain itu, koordinasi dengan penjaga pintu air di bendungan lain terus dilakukan,” lanjutnya.   (ide)