Jangan Panik Jika Terjadi Bencana

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Jelang musim hujan yang perkirakan akan turun bulan depan (November), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang, Jawa Timur melakukan penyuluhan kepada masyarakat di setiap kelurahan untuk memberikan kesiapan mental dan fisik jika terjadi bencana.

 

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Malang, Alie Mulyanto saat memberikan penyuluhan.

KEPALA Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Malang, Alie Mulyanto menjelaskan, diperkirakan musim kemarau akan segera berakhir. Selanjutnya, akan segera berganti musim penghujan yang diprediksi bulan November.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Malang, Alie Mulyanto.

“Ada beberapa langkah yang telah kami lakukan. Salah satunya dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat. Di setiap kelurahan, kami berikan sosialisasi dan aksi kesiapsiagaan menjelang musim hujan,” tuturnya ditemui di kantornya, Kamis (03/10/2019).

Ia mengaku, hingga saat ini, telah dilakukan penyuluhan kepada 33 kelurahan di Kota Malang. Tahun ini, ditargetkan 16 kelurahan selesai semuanya. Sehingga nantinya, jika terjadi bencana banjir atau angin puting beliung, masyarakat tidak panik dan bisa mengatasi.

“Jika terjadi bencana, tentunya nyawa harus prioritas diselamatkan terlebih dahulu. Sebanyak 33 kelurahan, sudah dilakukan penyuluhan. Tentunya, kita semua berharap tidak terjadi bencana,” lanjut mantan camat ini.

Ia menyebut, bencana yang mungkin dan kerap terjadi di Kota Malang, banjir dan  angin puting beliung. (ide)