Jamaah Haji Kloter 2 Tinggalkan Makkah

MAKKAH, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Sebanyak 450 jamaah haji Indonesia yang tergabung dalam kloter 2 Embarkasi Surabaya, akhirnya meninggalkan Makkah untuk kembali ke tanah air, Sabtu (17/08/2019) pagi, sekitar pukul 07.00 waktu Makkah atau sekitar pukul 12.00 WIB. 

 

Jamaah haji kloter 2 yang akan pulang ke tanah air, menanti jemputan bus yang akan membawa mereka ke Jeddah.

 

Salah satu jamaah haji yang menunggu bus tertidur pulas di samping tas.

MEREKA diangkut dengan 8 bus dari  Dar Ummal Qura Golden Hotel —tempat para jamaah haji tinggal di Makkah selama musim haji— menuju Bandara King Abdul Aziz, Jeddah. Selanjutnya mereka akan diterbangkan ke Bandara Juanda, Surabaya dengan pesawat Saudia Airlines.

Jamaah haji asal Ponorogo, Magetan dan Surabaya yang tergabung dalam kloter 2 mulai meninggalkan hotel menuju Jeddah kemudian terbangt ke tanah air.

” Kalau dari hotel ini, yang pulang ke tanah air hari ini baru kloter dua. Sedangkan dari hotel lain, saya tidak tahu. Nanti secara bertahap para jamaah akan pulang ke tanah air sesuai jadwal yang sudah ditentukan,” kata Aristanti, salah aatu petugas sektor di Dar Ummul Qura Golden Hotel yang berada di kawasan Mahbas Jin, Sabtu (17/08/2019) siang.

Dari hasil pantauan wartawan TABLOIDJAWATIMUR.COM, para jamaah haji kloter 2 sudah kumpul di loby hotel sejak subuh, pukul 05.00 waktu Makkah. Namun mereka baru diangkut bus sekitar pukul 07.00 WAS (Waktu Arab Saudi), sehingga beberapa jamaah ada yang tertidur di dekat tas tentengan.

Dua hari sebelumnya,  Kamis (15/08/2019) para jamaah haji yang berasal dari Magetan, Ponorogo dan Surabaya ini sudah mengumpulkan koper besar untuk ditimbang sebelum diangkut ke Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

Sesuai ketentuan, berat koper besar tak boleh lebih dari 30 kg dan harus masuk bagasi. Jamaah haji hanya boleh  membawa tas tentengan dan tas paspor ke dalam kabin pesawat. (rahmat, makkah)