ITN Malang Gondol 2 Tropi di Lomba LKTB

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Dua tim delegasi Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Jawa Timur, sukses memboyong 2 piala, juara satu dan dua di ajang Lomba Kuat Tekan Beton (LKTB) di Universitas Kristen Petra, Surabaya, Jumat – Minggu (10 – 12/05/2019) lalu.

 

Tim The Enginer dan Tim BTS foto bersama piala di ruang Humas ITN Malang.

 

KEDUA TIM ITU, The Enginer, dikoordinatori Reyhard Bayu Prananda Ghinu (Teknik Sipil semester 8) dengan dua anggotanya,  I Komang Azi Sunaryo (Teknik Sipil semester 4) dan Wahyu Bangkit Pangestu Aji (Teknik Sipil semester 4). Tim ini  meraih juara satu.

Tim The Enginer dan Tim BTS foto bersama piala di ruang Humas ITN Malang.

Sementara juara 2, Beton Tahan Serang (BTS), dikoordinatori Dian Roby Sugara (Teknik Sipil semester 6) dengan dua anggotanya, Felix Christovel Sambaiang (Teknik Sipil semester 4) dan Riski Kurniawan (Teknik Sipil semester 2). Tim ITN berhasil menyingkirkan pada kompetitor yang berjumlah 75 tim.

“Saat ini kebutuhan semen terus meningkat. Untuk itu kami membuat komposisi bahan dicampur dengan plea as (abu terbang batu bara). Dengan campuran fifty – fifty, dengan hitungan akhir jauh lebih murah,” tutur Ketua Tim The Enginer, ditemui di kampus ITN, Selasa (14/05/2019).

Ia melanjutkan, jika dihitung biaya, untuk bidang seukuran satu meter kubik, akan menghabiskan anggaran sekitar Rp. 1,2 juta. Sementara jika dicampur dengan plea as hanya menghabiskan anggaran Rp. 1.016.000.

“Dan yang pasti, mengurangi polusi udara. Karena asap yang ditimbulkan dari plea as. Intinya, menekan jumlah penggunaan semen yang berpengaruh pada anggaran,” lanjutnya.

Sementara Tim BTS, mengaku sangat bersyukur bisa meraih medali. Mengingat, kali ini adalah lomba untuk pertama kalinya. “Kami tidak percaya bisa jadi juara. Apalagi tim kami baru pertama kali ikut lomba,” terang Dian Roby Sugara.

Sementara itu, sebagai wujud penghargaan, pihak kampus ITN memberikan fasilitas bebas SPP 2 semester untuk juara 1, dan 1 semester untuk juara 2. Hal itu dilakukan sebagai salah satu dukungan dan motivasi. (ide)