TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Karena masih dalam kondisi pandemi COVID 19, proses verifikasi dana BOS harus dilakukan di tiga lokasi yang berbeda (SHANAYA RESORT, HARRIS HOTEL, dan IJEN SUITE HOTEL) dengan tetap menjaga jarak.

Inspektorat Kabupaten Malang Verifikasi BOS 2020

Petugas dari Inspektorat Kabupaten Malang, melakukan verifikasi dana BOS kepada perwakilan sekolah.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Inspektorat Kabupaten Malang, Jawa Timur, melakukan verifikasi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Tahun Anggaran 2020 pada UPT satuan pendidikan formal (SDN, SMP, dan sekolah satu atap (SATAP) se Kabupaten Malang, mulai 15 – 19 Februari 2021 di SHANAYA RESORT (Boutique Hotel) Karangploso, Kabupaten Malang, HARRIS HOTEL, dan IJEN SUITE HOTEL.

 

Karena masih dalam kondisi pandemi COVID-19, proses verifikasi dana BOS harus dilakukan di tiga lokasi yang berbeda (SHANAYA RESORT, HARRIS HOTEL, dan IJEN SUITE HOTEL) dengan tetap menjaga jarak.

 

“PADA hari ini, Jumat (19/02/2021), merupakan hari terakhir verfikasi atas penerimaan dana BOS nasional dari pemerintah pusat kepada sekolah-sekolah di daerah untuk jenjang SDN dan SMP, dan SATAP,” kata Inspektur Kabupaten Malang, Dr. Tridiyah Maistuti, SH, MSi, di Karangploso.

Karena masih dalam kondisi pandemi COVID-19, baik petugas dari Inspektorat maupun perwakilan sekolah, harus tetap pakai masker (menjalankan protokol kesehatan) saat proses verifikasi dana BOS.

Tridiyah Maistuti menjelaskan, jumlah sekolah di Kabupaten Malang sebanyak 1.065  SDN dan 97 SMPN + SATAP. Sejak Senin (15/02/2021) lalu, kepala sekolah atau perwakilannya,  datang ke lokasi yang telah ditentukan untuk menyampaikan laporan keuangan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang diterima dari pemerintah pusat melalui rekening masing-masing sekolah. Dana tersebut diverifikasi untuk mengetahui apakah  penyalurannya telah terlaksana atau belum.

Dari data  yang berhasil dihimpun, total dana BOS reguler yang tersalurkan sebesar Rp. 193.658.520.000.  Dana BOS  reguler afirmasiI/kinerja Rp 54.822.000.000. Dana BOSDA kabupaten Rp 25.893.320.000. Dana BOSDA afirmasi Rp. 4.460.000.000. Dana BOSDA kinerja Rp. 5.756.850.000.

Inspektur Kabupaten Malang, Dr. Tridiyah Maistuti, SH, MSi.

“Intinya, kita melihat, apakah per 31 Desember 2020, setiap sekolah ada silva? Saldonya berapa? Baru kita cocokan atau konsolidasikan dengan pembukuan neraca Pemerintah Kabupaten Malang yang untuk saat ini masih disusun Tim BKAD (Badan Keuangan dan Aset Daerah) dan sedang diaudit oleh BPK (Badan Pemeriksa Keuangan),  sesuai Undang Undang Nomor  15 tahun 2004,” jelas Tridiyah.

Mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup ini menambahkan, setiap tahun Inspektorat  melakuan verifikasi seperti ini. Karena BPK  setiap tahun juga rutin mengaudit kecocokan jumlah saldo yang ada di setiap sekolah  penerima bantuan BOSKAB. Hasil dari verifikasi ini akan diketahui total saldo dana BOS yang telah ditransfer dari pemerintah pusat (BOS Reguler, BOS Afirmasi,  dan BOS Kinerja), serta dana BOSKAB dari  APBD Kabupaten Malang.

“Tetapi kita tegaskan, tujuan kita sebenarnya bukan perihal pemeriksaan. Tugas kita dalam rangka mencocokan hasil verifikasi jumlah saldo dana BOS yang diterima sekolah- sekolah. Verifikasi  ini dilakukan setiap tahun. Kepala sekolah atau bendahara sekolah kami undang ke sini,” jelasnya.

Karena kegiatan ini mencakup kegiatan yang besar, dan masih dalam kondisi pandemi COVID 19, sehingga untuk menjalankan protokol kesehatan, tahun ini kegiatannya  dibagi di tiga  tempat,  yaitu SHANAYA RESORT,  HARRIS HOTEL, dan IJEN SUITE HOTEL. “Sebagai catatan, verifikasi bertujuan untuk membantu pihak sekolah sebagai pengelola dana BOS supaya dapat menggunakan dan mempertanggungjawabkan dengan benar dana tersebut, “ ujar Tridiyah.

Dia juga  berharap, sekolah bisa menggunakan dana BOS lebih efektif dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. “Untuk itu pihak sekolah harus teliti dan telaten. Mulai perencanaan, pelaksanaan, pelaporan,  dan evaluasi harus tertata  dengan baik dan benar,” katanya seraya  menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberilan dukungan dalam kegiatan Verifikasi Dana BOS Tahun Anggaran 2020.  (div/mat)