TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Ide Kreatif Bhabinkamtibmas : Ciptakan Keamanan Dengan Pukul Tiang Listrik

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Kreasi anggota Polsek Sukun, Kota Malang, Jawa Timur, Aipda Abdillah (43),  untuk ketertiban masyarakat di Kelurahan Tanjungrejo, Kecamatan Sukun, Kota Malang, bisa dibilang unik. Pasalnya, ia menggunakan tiang listrik untuk menjaga keamanan lingkungan dari tindak kriminal sekaligus membangun kebersamaan warga .

 

 

“LEWAT tiang listrik itu kami mencoba membangun kebersamaan warga,” terang Aipda Abdillah, yang juga Bhabinkamtibmas Tanjungrejo itu, Rabu (06/05/2020). Caranya, lanjut Aipda Andillah, dengan saling memukul tiang listrik secara bersahut-sahutan jika ada tindak kriminal.

Menurutnya, ketenteraman dan ketertiban masyarakat itu, tidak bisa dilakukan secara perorangan atau kelompok. Namun harus  bersama-sama. “Di Kelurahan Tanjungrejo ini, kebersamaan antar sesama warga, sangat penting. Karena berisikan 13 RW, terbagi di 138 RT,” lanjutnya.

Menurutnya, penduduk sangat padat, baik warga asli maupun pendatang yang kos. Mereka tinggal di pemukiman yang padat dan banyak gang kecil. Kondisi itu sangat rawan kriminal.  Warga masih banyak menaruh sepeda motor di pinggir jalan tanpa pengamanan. Untuk mengamankan wilayah dari kriminalitas, tidak cukup melakukan keliling kampung setiap hari. Harus ada cara yang efektif dan efisien. “Kalau ada tindak kriminal, warga tinggal memukul tiang listrik. Warga lainnya ikut, saut-sautan. Portal di gang-gang langsung ditutup,” jelasnya.

Andillah berharap, jika  hal itu dilakukan, dia optimistis kondisi bakal aman dari kriminalitas. Selian itu, rutin keliling kampung di wilayah Tanjungrejo. Tujuannya,  memberikan sosialisasi warga terkait kamtibmas.

Sementara itu, Ketua RT 11 / RW 04, Kelurahan Tanjungrejo, Darul Qotni mengaku mengapresiasi langkah Bhabinkamtibmas ini. Menurutnya, untuk kepentingan bersama, seyogyanya dilakukan bersama – sama. “Kami menyambut positif ide Bhabinkamtibmas ini. Iitu ide yang bagus, dan sangat mungkin dilaksanakan warga. Saya kira sangat bermanfaat dan tidak sulit untuk dilakukan,” katanya. (ide/mat)