TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Hujan ekstrim yang mengguyur Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (16/03/2021) siang, sekitar pukul 13.30 - 14.30 WIB, menyebabkan pohon tumbang di 6 titik.

Hujan Ekstrim, Banyak Pohon Tumbang, Banyak Fasum Rusak

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Hujan ekstrim yang mengguyur Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (16/03/2021) siang, sekitar pukul 13.30 – 14.30 WIB, menyebabkan pohon tumbang di 6 titik. Akibatnya, satu orang dilarikan ke Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) karena tertimpa pohon, tiga sepeda motor, sebuah mobil, serta beberapa fasilitas umum (fasum) rusak.

 

Hujan ekstrim yang mengguyur Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (16/03/2021) siang, sekitar pukul 13.30 – 14.30 WIB, menyebabkan pohon tumbang di 6 titik.

 

DARI data yang berhasil dihimpun, selain menimbulkan kemacetan,  pohon tumbang juga menimbulkan kerusakan. Sebanyak 3 sepeda motor rusak ringan hingga berat, 1 mobil rusak pada atapnya, 1 tiang PJU roboh, kabel mengalami kendor hingga putus, pagar bengkok, 2 atap rumah penduduk rusak, 4 atap bengkel/toko rusak tertimpa pohon.  Selain itu, terdapat 2 korban luka karena tertimpa pohon tumbang, 1 korban mengalami patah tulang dan dilarikan ke RSSA,  serta 1 orang dibawa pulang.

“Pohon tumbang menyebar  di 6 titik. Di antaranya,  1 titik di Kecamatan Klojen (Jl. Ternate), 5 titik  di Kecamatan Sukun (Jl. Raya Bandulan, Jl. Raya Langsep, Jl. Sonokeling, Jl. Ciptomulyo, serta Jl. Beringin).  Proses evakuasi pohon tumbang di 6 titik ini baru selesai sekitar pukul 17.25 WIB,” terang salah seorang relawan yang terlibat dalam evakuasi pohon tumbang.

Menurut petugas BPBD, evakuasi pohon diprioritaskan di tempat yang mengganggu jalan (kepentingan umum). BPBD  (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Malang melakukan koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan PMI Kota Malang untuk mempercepat proses evakuasi pohon tumbang. Untuk mengatasi lalu lintas yang sempat terhambat akibat pohon tumbang, BPBD Kota Malang melakukan koordinasi dengan Polantas dan Dinas Perhubungan.

Tidak hanya pohon tumbang, hujan ekstrim juga menyebabkan 1 atap rumah warga di Jl. Janti Selatan 15 A terbang terbawa  angin. Hujan ekstrim juga sempat menyebabkan banjir di sekitar Jl. IR Rais 2A dan Jl. Bareng 2A. Air menggenang dengan ketinggian mulai 25 cm hingga 80 cm. Selang setengah jam setelah hujan berkurang,  banjir berangsur surut.

Mengingat bulan Maret 2021 akhir-akhir ini terjadi cuaca ekstrim, BPBD Kota Malang  menghimbau masyarakat  agar  selalu waspada terhadap potensi bencana di sekitar tempat tinggalnya. Hindari berteduh atau parkir dekat pohon besar dan rindang. Apabila terjadi hujan ekstrim,  upayakan berlindung atau berteduh pada bangunan yang kokoh.

Hindari aliran drainase atau daerah aliran sungai saat terjadi hujan. Apabila ada masyarakat melihat atau terdampak oleh kejadian bencana, bisa lapor ke Hotline Pusdalops BPBD Kota Malang, 08113770502 atau layanan panggilan darurat ke 112 Ngalam Command Center. (div/mat)