Hari Sumpah Pemuda: Bangun Pemuda Satukan Indonesia

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Senin (29/10/2018) pagi, Pemerintah Kabupaten Malang menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-90 di Halaman Pendopo Agung Kabupaten Malang. Upacara ini diikuti seluruh Pegawai di Lingkungan Pemkab Malang, Organisasi Kepemudaan, dan juga dari kalangan pelajar.

 

 

Upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-90 di Halaman Pendopo Agung Kabupaten Malang dipimpin oleh Plt Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, MM.

BERTINDAK sebagai Inspektur upacara, Plt Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, MM, Hari Sumpah Pemuda ke-90 ini mengambil tema sentral “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”. Plt Bupati Malang melalui sambutan tertulis Menpora menyampaikan, tema besar ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang mampu berkiprah pada zamannya, merawat kebhinekaan, dan tetap teguh mempertahankan NKRI. “Kita semua berhutang budi kepada para tokoh pemuda 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor untuk terus membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini, ” jelasnya.

Lebih lanjut, Abah Sanusi sapaan akrab Plt Bupati Malang menjelaskan, Tahun 2019 mendatang Bangsa Indonesia akan menggelar hajat besar Pesta Demokrasi. “Untuk memilih dan menentukan pimpinan nasional dan daerah yaitu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, serta DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota. Amat diperlukan partisipasi aktif, peran penting dan tanggung jawab pemuda dalam menyukseskan mekanisme laju pemerintahan tersebut. Hindari gesekan-gesekan yang melemahkan persatuan, pemuda harus mampu keluar dari jebakan primordialisme, pemuda harus bangkit terus dengan hal-hal positif dan kreatif, ” ucapnya.

Menutup sambutan, Plt Bupati Malang berharap pemuda sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik. “Pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, gagasan, tekad, dan cita-cita, pengorbananmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia. Ayo, bangun pemuda satukan Indonesia, Selamat Hari Sumpah Pemuda ke-90 Tahun 2018. Ayo … Bangun Pemuda, Satukan Indonesia! ” pesan akhir Menpora.

Diakhir upacara, Plt Bupati Malang menyerahkan secara simbolis 3 bantuan sosial berupa bedah rumah untuk 33 rumah yang ada di 33 Kecamatan dengan nominal sebesar Rp 10 juta per rumah. Hadir dalam kesempatan tersebut, Forkopimda Kabupaten Malang, Sekda Kabupaten Malang, Ir. Didik Budi Muljono, MT, perwakilan Kapolres Malang, Kepala Staf Kodim Kabupaten Malang/Batu, dan juga Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang. (iko)