13 Parpol Belum Mendaftar

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Mendekati batas terakhir pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kabupaten Malang, Senin (16/7/2018), tiga partai politik (Parpol) mendaftarkan Bacalegnya di KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Malang.

Pendaftaran para bacaleg oleh tiga parpol di KPU Kab Malang.

KEPADA awak media, Ketua KPU Kabupaten Malang, Santoko menyatakan bahwa mendekati batas akhir pendaftaran bacaleg dimana besok, Selasa (17/7/2018) adalah hari terakhir pendaftaran, tiga parpol sudah melakukan pendaftaran. “Hari ke 13 ini sudah ada 3 partai yang mendaftarkan bacalegnya yakni Partai Golkar, Partai Berkarya dan Partai Nas Dem. Hari ini pendaftaran bacaleg akan kami tunggu sampai pukul 16.00 WIB,”terang Santoko.

Sedangkan untuk ke 13 Parpol lainnya menurut Ketua KPU Kab Malang akan ditunggu besok hinga pukul 24.00. “Besok kami akan tunggu sampai pukul 00.00,” kata Santoko.

Setelah menerima berkas pendaftaran dari para parpol, KPU Kab Malang akan melakukan verifikasi kelengkapan administrasi. “Sebenarnya verfikasi sesuai jadwal akan dilakukan tanggal 5 kemarin, karena pembukaan pendaftaran kan mulai tanggal 4, namun karena parpol mulai mendaftarnya hari ini, maka verifikasi akan dilakukan mulai besok sampai tanggal 18,”jelas Santoko.

Penyampaian atau pengumuman lolos tidaknya bacaleg menjadi caleg akan dilakukan KPU Kabupaten Malang Sabtu (21/7/2018). “Proses perbaikan untuk menambah kelengkapan berkas dilakukan tanggal 22 – 31,”kata Santoko.

Dengan tiga parpol yang mendaftar, total ada 150 bacaleg yang mendaftarn yang akan bertarung di 7 dapil (Daerah Pemilihan) Kabupaten Malang dalam Pemilu Legislatif 2019 besok. “Kalau sampai dengan hari ini sudah ada 150 bacaleg yang didaftarkan oleh 3 parpol,”tegas Ketua KPU Kabupaten Malang.

Sementara Ketua DPP Partai Gokar Kabupaten, Siadi mengaku tidak mentargetkan muluk-muluk. “Target pasti ada, dengan kondisi persaingan yang ketat, bisa mengamankan jumlah 12 kursi yang ada saat ini, itu sudah bagus. Harapanya memang bisa lebih dari itu,”papar politisi asal Lawang dengan merendah.

Sementara itu Ahmad Arif Wicaksono, Ketua DPD Partai Berkarya Kabupaten Malang, meski merupakan parpol baru, namun optimis bisa mendapat satu kursi di tiap dapil. “Memang target dari DPP hanya 4 kursi, tapi kami yakin dengan mesin partai yang berkerja, minimal satu dapil dapat satu kursi. Kenapa kami bisa nyakin, dengan mengusung kerinduan atau romantisme terhadap kepemimpinan Bapak Soeharto, kami yakin banyak masyarakat yang mendukung kami,” ujar Ahmad Arif Wicaksono.

Dari partai yang terakhir mendaftar hari ini, Partai Nas Dem melalui Choirul Anam, Ketua DPD Partai Nas Dem menyatakan bahwa partai besutan Surya Paloh ini yakin akan mendapat 2 jatah kursi di tiap dapil. “Target kami 14 kursi , keterwakilan perempuan kami bahkan mencapai 40 % lebih, melampui batas minimal yang ditetapkan KPU,” kata Anam.

Pria asal Pujon ini merasa optimis partainya akan bisa mendulang suara signifikan di masing-masing dapil di Pileg 2019 karena mengusung politik tanpa mahar. “Dengan politik tanpa mahar, kami yakin perolehan suara kami akan bagus,”tandas Anam. (diy)