Hadapi Masa Angkutan Lebaran, Masinis KA Jalani Tes Kesehatan dan Alkohol

SURABAYA, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Menghadapi masa angkutan lebaran 2019, seluruh masinis di Daerah Operasional 8 Surabaya menjalani tes kesehatan, alkohol, kecapakapan mengendalikan KA, dan tes regulasi, Kamis (16/05/2019). Tujuannya, untuk melihat kesiapan para masinis dalam menjalankan sarana angkutan lebaran.

 

Masinis KA jalani tes alkohol dan tes kesehatan di Depo Sidotopo, Surabaya.

 

SERANGKAIAN tes yang diikuti seluruh masinis kereta api di Depo Sidotopo, Surabaya ini dilakukan secara bertahap, setiap hari sebelum pemberangkatan kereta api. Apabila pada hari biasa pemeriksaan hanya dilakukan pada pemeriksaan tekanan darah dan berat badan, khusus menyambut angkutan lebaran, seluruh masinis wajib menjalani tes alkohol.

Masinis KA menjalani tes alkohol dan tes kesehatan di Depo Sidotopo, Surabaya menjelang masa angkutan lebaran 2019.

Tes alkohol dilakukan untuk mendeteksi bila ada masinis yang menggunakan obat-obatan terlarang maupun minuman beralkohol. Serangkaian tes untuk kelancaran dan keselamatan ini melengkapi tes sebelumnya yang wajib diikuti masinis KA, yakni tes kecakapan mengendalikan KA, psikotes, dan tes kemampuan regulasi serta operasional.

“Tes kesehatan untuk masinis ini merupakan kegiatan rutin. Namun, khusus menghadapi angkutan lebaran, proses tesnya ditambah. Dengan adanya tes ini, diharapkan mampu memperlancar perjalanan kereta api dan melindungi penumpang,” terang Masinis, Purwo Pragoto.

Seluruh masinis yang hendak bertugas maupun menjalankan lokomotif,  harus bersih dari obat-obatan terlarang. Masinis dilarang menjalankan lokomotif bila mengalami gangguan kesehatan.

Sejauh ini belum ada masinis yang terbukti menggunakan obat-obatan terlarang atau pun alkohol. “Selain menjadi prosedur dan aturan tetap, serangkain tes ini juga mengantisipasi dan meminimalisir kecelakaan kereta yang dapat mengganggu angkutan lebaran lantaran masinis tidak sehat,” jelas Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto. (ang)