TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Warga Kapas Kampung, Surabaya menjalani tes usap.

Gerebek Tes Usap di Kampung Padat

SURABAYA, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Sejumlah dokter dan tenaga medis berpakaian APD lengkap dari Puskesmas Rangkah, Surabaya, mendadak mendatangi kampung padat penduduk di kawasan Kapas Kampung, menggelar tes usap PCR di tempat untuk memutus penyebaran dan penularan COVID-19, belum lama ini.

 

Warga Kapas Kampung, Surabaya menjalani tes usap.

 

DIBANTU Polisi, TNI, serta Linmas, dokter dan tenaga medis dari Puskesmas Rangkah  meminta seluruh penghuni rumah di kawasan tersebut keluar rumah dan menjalani pemeriksaan tes usap atau Swab PCR.

Kedatangan petugas ini pun mengejutkan warga. Mereka tidak dapat berbuat banyak, dan rela mengikuti tes usap dadakan tersebut. Kegiatan tes usap dadakan atau gerebek tes usap yang digagas Kelurahan Ploso,  Surabaya ini bertujuan untuk memutus penyebaran dan penularan COVID-19.

“Kita sengaja dadakan,  karena di kawasan ini sudah ada yang kena COVID tapi tidak mematuhi protokol kesehatan. Dengan cara ini kita dapat mengetahui sekaligus mendeteksi dan mencegah penyebaran maupun penularannya,” ungkap Lurah Ploso, Bambang Pontjo Mulyanto.

Meski sempat kaget dengan kedatangan petugas dari Puskesmas dan kelurahan, namun warga menyambut positif kegiatan tersebut. “Dengan cara ini kita tahu kondisi kesehatan kita. Apalagi di daerah sini banyak yang kena COVID,” kata salah seorang warga, Sugeng.

Dalam gerebek tes usap PCR  ini, petugas melakukan tes usap kepada 37 orang. Apabila dari tes usap ini diketahui ada warga yang positif COVID-19, Puskesmas akan melakukan penjemputan untuk dilakukan perawatan dan isolasi di Hotel Asrama Haji Surabaya. (ang/mat)