TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Naning Pujiani, Kistia, Kasek SMPN 1 Kepanjen bersama Bupati Malang H. Rendra Kresna.

Gaun Unik dari Cangkang Telor

KREATIF MEMANFAATKAN LIMBAH

Naning Pujiani, Kistia, Kasek SMPN 1 Kepanjen bersama Bupati Malang H. Rendra Kresna.

Bagi sebagian orang, cangkang telor mungkin tidak ada manfaatnya. Setelah memasak kue atau menggoreng telor, cangkang selalu dibuang. Tapi tidak bagi Naning Pujiani. Pemilik sebuah salon di Jl. Anjasmoro, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur ini, cangkang telor bisa dipakai untuk baju.

Ide kreatif membuat baju dari cangkang telor ini berawal dari cerita anaknya, Kistia yang sekolah di SMPN 1 Kepanjen. “Anak saya disuruh mengenakan pakaian yang terbuat dari limbah, dari bahan-bahan yang sudah tidak dipakai lagi,” kata Naning Pujiani.
Perintah dari sekolah ini berkaitan dengan pemanfaatan limbah agar tetap berfungsi. “Akhirnya kami mencari ide dan ketemulah gagasan untuk membuat baju dari cangkang telor,” ujarnya.
Selanjutnya, ibu dan anak ini pun berburu cangkang telor kemana-mana. Setelah mencari kesana-kesini akhirnya menemukan di pedagang martabak. “Pedagang martabak kan selalu pakai telor. Dan cangkangnya selalu dibuang. Nah, kami minta cangkang itu,” katanya.
Setelah mendapat cangkang telor, proses selanjutnya adalah member-sihkan cangkang dari kotoran menggunakan cairan pembersih lantai. Setelah bersih lalu dikeringkan. Agar tampilan-nya lebih menarik, cang-kang telor itu ditempeli payet menggunakan lem. Setelah itu ditempelkan ke baju yang dikenakan puterinya.
Butuh ketelitian untuk membuat baju cangkang telor ini. Kalau tidak, cangkang telor akan pecah dan tak bisa dipakai lagi. Dengan cara ini, Naning Pujiani ikut menjaga kebersihan lingku-ngan di wilayahnya. Bahkan bukan tak mungkin akan banyak orang yang berminat dengan usahanya ini.*