FKH Universitas Brawijaya Gelar Veterinary Festival

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, menyelenggarakan Veterinary Festival dalam rangka Dies Natalis FKH ke-12 dan Dies Natalis UB ke-58. Veterinary Festival yang mengusung tema “Peran Dokter Hewan di Era New Normal” ini akan dilaksanakan secara daring di tengah pandemi COVID-19.

 

Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, menyelenggarakan Veterinary Festival dalam rangka Dies Natalis FKH ke-12 dan Dies Natalis UB ke-58 secara daring.

 

PEMBUKAAN Veterinary Festival 2020 dilakukan Kamis (08/10/2020) sore, mengundang berbagai komunitas pecinta hewan dan peternakan di Malang Raya. Panitia juga mengundang Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jawa Timur II.

Dekan FKH, drh. Dyah Ayu Oktavianie, A.P., M.Biotech.

“Kegiatan ini sebagai bentuk pengabdian masyarakat. Ini merupakan kontribusi para dokter hewan dalam meningkatkan kesehatan hewan serta pencegahan penularan penyakit hewan ke manusia,” kata Dekan FKH, drh. Dyah Ayu Oktavianie, A.P., M.Biotech dalam pembukaan kegiatan Veterinary Festival.

Dalam acara pembukaan ini, hadir juga perwakilan beberapa komunitas antara lain Dog Lover Malang (Doloma), Perkumpulan Kucing Domestik Indonesia (PKDI) Regional Malang, Reptile Addict Malang (RAM), Dog Training Center Satelit Malang (DTC Satelit Malang), Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi), dan K9 Polres Malang.

Kegiatan yang akan digelar dari tanggal 9 Oktober 2020 hingga 6 November 2020 ini mengusung tiga kegiatan utama. Pertama, pelayanan kesehatan hewan jarak jauh (telemedicine) bekerjasama dengan RSHP Universitas Brawijaya (UB). Kedua, kompetisi fotografi bagi masyarakat dengan tema kedekatan dengan satwa di masa pandemi. Ketiga, kompetisi videografi bagi kolega dokter hewan dengan tema “Peran Dokter Hewan di Masa Pandemi”.

Selain itu juga akan dilaksanakan pelayanan kesehatan hewan kepada peternak babi dan kuda yang selama ini belum mendapatkan banyak perhatian.

Veterinary Festival 2020 dalam bentuk virtual ini diharapkan tidak mengurangi esensi dan manfaat kegiatan terhadap masyarakat agar tetap memperoleh edukasi, pelayanan kesehatan hewan.

“Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan semangat kepada masyarakat serta kolega dokter hewan untuk tetap kreatif, inovatif, dan aktif di masa pandemi COVID-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata Dyah. (div/mat)