FISIP dan FKG Sabet Juara Putra Putri Brawijaya 2018

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Fikri Muhammad Nur, dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan Andya Ranithanya, dari Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) meraih gelar juara, Putra Putri Brawijaya 2018, dalam ajang pemilihan Putra Putri Brawijaya (PPB), di GOR Pertamina Universitas Brawijaya (UB), Rabu (5/12/2018).

 

Pelaksanaan pemilihan Putra Putri Brawijaya (PPB), di GOR Pertamina Universitas Brawijaya (UB).

 

PADA GRAND FINAL, keduanya berhasil mengalahkan 24 finalis lainnya saat berlaga. Sebelumnya, para finalis mengikuti karantina selama empat hari, 24 sampai 25 November 2018 dan 1 sampai 2 Desember 2018 di Gedung B Fakultas Hukum.

Nadhira Salsabilla, perwakilan PPB 2017 menjelaskan, ajang ini merupakan tahun ke-4 diadakan. Sebelumnya, finalis menjalankan rangkaian seleksi, mulai tes tulis, pertanyaan, pilihan ganda, esay pengetahuan umum, interview dan Focus Group Discussion (FGD).

“Seleksi pertama, tes pengetahuan umum, pengetahuan UB, kedutaan, pengetahuan daerah dan bahasa inggris serta open interview. Jadi mereka diwawancara depan umum, bisa dilihat yang percaya diri dan mampu menyampaikan opininya dengan baik, dan mengatasi rasa gugupnya,” tuturnya, usai acara.

Ia menambahkan, di tahap karantina, finalis PPB dibekali materi seperti profil UB, kedutaan, public speaking, personal branding, pegeantry dan manner. Selain itu, juga diuji Duta UB Putra Putri berbakat, tahun 2013 dan 2017. Bahkan,

Duta Sanitasi, Joko Roro Kabupaten Malang 2018, Bayu Hendriansa, dan Putra Berbusana Terbaik Brawijaya 2017 serta Kangmas Berbakat Kota Batu 2018, Boy Nanto Sitanggang.

Untuk dewan juri, dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Forum Mahasiswa Studi Bahasa Inggis (Formasi) dan Duta Brawijaya angkatan 2013, untuk menyeleksi kemampuan berbahasa inggris.

“Penyeleksiaan PPB, memberdayakan seluruh organisasi yang ada di UB. Dengan menunjukan, bahwa Putra Putri Brawijaya tidak berdiri tunggal, tetapi bekerja sama juga dengan unit lain,” lanjut Nadhira.

Hadir dalam Grand Final, Kotok Gurito, SE selaku Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Kearsipan Humas UB, dewan juri Maulina Pia Wulandari, Ph.D, selaku dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UB, Lusy Desyana, S.AB., M.AB selaku dosen Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) UB, Ladiniah Dalintasya, S.IP, ketua paguyuban PPB Periode 2017-2018, Naomi Ariella, Runner Up 1 Putri Indonesia dari Jawa Timur 2018 dan Rully Suprayugo, S.I.Kom selaku Public Speaker, MC dan Presenter. (ide)