Expo Perkebunan Nasional, Stand DTPHP Juara 1 Nasional

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Stand Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang menampilkan kopi pada expo perkebunan tingkat nasional dalam rangka peringatan hari perkebunan ke-62 yang diselengarakan di Kampus Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan) Bedali, Lawang, Kabupaten Malang,  meraih juara I dan II.

 

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Kabupaten Malang, Dr. Budiar Anwar usai menerima penghargaan.

 

DENGAN penghargaan ini, diharapkan kopi Kabupaten Malang lebih dikenal dan mempunyai harga jual yang cukup baik di pasaran.

“Semoga kopi Kabupaten Malang lebih dikenal dan mempunyai harga jual yang baik berkat budidaya kopi yang tepat (good agriculture practice), sehingga meningkatkan kesejahteraan petani kopi,” kata Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Kabupaten Malang, Dr. Budiar Anwar.

Kampus Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan) yang berlokasi di Desa Bedali, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, menjadi lokasi peringatan Hari Perkebunan ke-62 tingkat nasional,  berlangsung mulai Selasa (10/12/2019) hingga Kamis (12/12/2019) siang.

Peringatan Hari Perkebunan 2019 tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian RI (Kementan RI), dan dikemas dalam bentuk expo perkebunan.

Selain pameran produk-produk perkebunan dari berbagai daerah di Indonesia, dalam expo tersebut juga digelar seminar, talkshow, serta beragam kegiatan lainnya.  Menurut Budiar, dalam acara ini, DTPHP Kabupaten Malang sukses menyabet Juara I kawasan Gunung Bromo, dan Juara II kawasan Gunung Arjuno. “Kami bisa meraih juara dengan poin penilaian tinggi untuk kriteria indikasi geografis dan tema kopi organik yang ber SNI,” jelasnya.

Mantan Kepala Bagian Humas dan Protokol Kabupaten Malang ini mengungkapkan, pihaknya berterima kasih atas dukungan semua pihak sehingga berhasil menorehkan penghargaan yang membanggakan tersebut. “Alhamdulillah, terimakasih atas dukungan dan kerja sama tim Kabupaten Malang, sehingga mendapatkan stand terbaik 1 dan 2,” tutur Budiar.

Sementara itu, Direktur Polbangtan Malang,  Dr. Bambang Sudarmanto, S.Pt, MP,  menuturkan, pada 2018,  Polbangtan juga pernah menjadi tempat penyelenggaraan kegiatan serupa khusus produk kopi, dalam skala provinsi.

Menurutnya, kampus Polbangtan Malang menjadi lokasi yang cukup memadai untuk menyelenggarakan kegiatan besar berskala nasional. “Di kegiatan ini kan tak cuma expo perkebunan saja, ada juga workshop, talkshow, dan pertemuan yang digelar oleh beberapa daerah. Alhamdulillah, kami  dapat memfasilitasinya,” ujar Bambang.

Expo perkebunan pada peringatan Hari Perkebunan ke-62 di kampus 1 Polbangtan Malang, dibuka Dirjen Perkebunan Kementan RI, Kasdi Subagyono, berlangsung selama tiga hari, 10 hingga 12 Desember 2019. (had/mat)