TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Wakil Bupati Malang Drs HM. Sanusi bersama pemenang Joko Roro 2016 serta anggota Komisi X DPR RI dari Partai Nasdem, Kresna Dewanata Prosakh.

Duta Wisata Joko Roro, Sarana Promosi Pariwisata

Pemilihan Duta Wisata Joko Roro yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang, Jawa Timur setiap tahun merupakan salah satu bagian dari upaya promosi pariwisata. Event tahunan ini untuk mendapatkan sosok pemuda-pemudi yang cerdas, kreatif, penuh inisiatif, berjati diri, berkepribadian positif, berakhlak mulia dan proporsional dalam penampilan serta berwawasan luas dalam bidang pariwisata daerah, khususnya pariwisata Kabupaten Malang.

Wakil Bupati Malang Drs HM. Sanusi bersama pemenang Joko Roro 2016 serta anggota Komisi X DPR RI dari Partai Nasdem, Kresna Dewanata Prosakh.

Joko Roro yang terpilih sebagai duta wisata Kabupaten Malang, diharapkan mampu membawa citra pariwisata Kabupaten Malang di tingkat regional, nasional maupun internasional.

“Upaya membangun citra pariwisata melalui duta pariwisata saya nilai memiliki fungsi strategis, mengingat sektor pariwisata merupakan salah satu sektor pengungkit yang besar bagi jalannya pembangunan daerah secara keseluruhan,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara, belum lama ini.

Terlebih lagi Kabupaten Malang merupakan salah satu daerah yang dianugerahi potensi pariwisata yang sangat melimpah, mulai dari potensi wisata alam, wisata budaya, wisata religi dan beberapa potensi wisata lainnya. Bahkan Kabupaten Malang ini boleh disebut sebagai miniatur kekayaan potensi pariwisata Indonesia.

“Berbagai potensi tersebut, selain membutuhkan pengelolaan yang baik, tersedianya infrastruktur dan sarana prasana pendukung yang memadai, juga dibutuhkan media pemasaran, branding, serta penjualan yang efektif, di antaranya salah satu cara yang dapat ditempuh adalah melalui pelaksanaan Pemilihan Joko Roro ini,” kata Bupati Malang Dr. H. Rendra Kresna.

Bupati berharap, pemilihan Joko Roro Kabupaten Malang 2016 diharapkan dapat mendukung dan memperkuat program pembangunan yang saat ini tengah dijalankan Pemerintah Kabupaten Malang. Sebagai informasi, saat ini Pemerintah Kabupaten Malang sesuai dengan misinya telah menempatkan sektor pariwisata sebagai garda depan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Malang.

Made Arya menjelaskan, Kabupaten Malang merupakan daerah yang telah memiliki peradaban tinggi, terbukti dengan adanya Kerajaan Kanjuruhan dan Singosari. Selain itu pula dengan anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah menjadikan wilayah Kabupaten Malang memiliki Sumber Daya Alam, potensi dan keindahan ciri khas daerah tropis, yaitu gunung, laut dan hutan. Keadaan geografis tersebut menjadikan Kabupaten Malang mencanangkan “BUMI AGRO-EKOWISATA” YANG TERKEMUKA DI JAWA TIMUR.*