Dua Lahan Bambu Terbakar Dalam Waktu Hampir Bersamaan

Petugas PMK Kabupaten Malang memadamkan api yang membakar lahan bambu di Desa Pandanlandung, Kecamatan Wagir.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Kebakaran yang menimpa lahan bambu, terjadi di dua wilayah berbeda dalam waktu yang hampir bersamaan di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (18/11/2019) siang. Meski tak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun cukup membuat warga yang berada di sekitar lokasi kebakaran khawatir api merembet ke rumah penduduk.

 

KEBAKARAN pertama terjadi di Taman Landungsari Indah  RT 04/RW 06 Desa Landungsari, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Senin (18/11/2019) siang, pukul 11.12 WIB. “Waktu itu, petugas jaga PMK menerima telepon dari Pak Amin, warga desa setempat. Dia mengabarkan, telah terjadi kebakaran yang menimpa lahan bambu di wilayahnya,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Satpol PP Kabupaten Malang, Goly Karyanto, Selasa (19/11/2019) siang.

Goly menambahkan, setelah mendapat laporan tersebut, Tim PMK Kabupaten Malang, dipimpin Endri Wiyanto sebagai Komandan Regu II, dengan membawa 3 unit mobil pemadam kebakaran (damkar), langsung meluncur ke lokasi. “Tiba di lokasi, petugas PMK langsung melakukan pemadaman, dibantu masyarakat setempat. Sekitar pukul 11.50 WIB, api sudah dapat dipadamkan,” katanya.

Tak ada kejelasan siapa pemilik lahan bambu tersebut. Nilai kerugian pun masih dihitung. Tapi yang jelas, masyarakat tetap bergotong-royong membantu memadamkan api agar tak menjalar ke rumah penduduk. “Penyebab kebakaran diduga karena pembakaran sampah,” kata Goly Karyanto.

Setelah berhasil memadamkan api di Landungsari, tak berapa lama kemudian, Tim PMK kembali memadamkan kebakaran yang menimpa lahan bambu di Desa Pandanlandung, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. Sama dengan di Landungsari, di sini juga tak ada kejelasan pemilik lahan. Api diduga karena pembakaran sampah. “Kejadiannya sekitar pukul 16.00 WIB. Tak ada korban jiwa atau luka-luka dalam kejadian ini,” kata Goly. (bri/mat)