DPR RI Buktikan Kehebatan Desa Terbaik Nasional

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Keberadaan Desa Ngroto, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur yang berpredikat sebagai Desa Terbaik Nasional tahun 2017, mendapat perhatian Komisi V DPR RI. Sebanyak delapan wakil rakyat meninjau pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, Jumat (20/07/2018).

 

Para anggota DPR RI bersama para kepala desa saat berada di Desa Ngroto, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

‘KAMI ingin tahu dengan meninjau langsung perkembangan Desa Ngroto setelah meraih predikat terbaik nasional, karena memilki Indeks Pembangunan Masyarakat tertinggi secara nasional di tahun 2017. Kehadiran kami ini tentu diharapkan bisa menambah nilai bagi masyarakat Desa Ngroto,”  kata pimpin rombongan yang juga  Wakil Ketua Komisi V DPR RI, H. Ibnu Munzir,  mewakili Ketua Komisi V DPR RI, Ir. Fary Djemy Francis, M.MA.

Ibnu Munzir memuji kehabatan Desa Ngroto,  karena memiliki Bumdes yang mampu meningkatkan sektor-sektor perekonomian desa. Komisi V bersama Kementerian PPMD RI  datang ke Desa Ngroto dan menyapa masyarakat setempat.

“Hal ini sebagai upaya bahwa  negara hadir hingga titik terjauh, membangun dari pinggiran menyentuh wilayah. Desa dimuliakan untuk kesejahteraan dan untuk Indonesia. Masyarakat terlibat secara cerdik dan terencana dalam pembangunan desanya,  baik melalui dana desa, ADD hingga dana khusus pembangunan. Berilah kehormatan kepada perangkat desa dalam mengawal dan mendampingi pembangunan desa,” pesannya.

Rombongan diterima Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Ir. Didik Budi Muljono, MT didampingi Kepala Dinas PMD Kabupaten Malang, Drs. Suwadji, SIP, MSi, Camat Pujon, Drs. Mulyono HS, dan Kepala Desa Ngroto, Prayogi.

Desa Ngroto dinilai pemerintah pusat sebagai desa yang punya akses memudahkan masyarakatnya mendapatkan fasilitas pendidikan dan bidang lainnya. Serta, mampu menjaga ketahanan perekonomian desanya dengan adanya pasar desa, bumdes dan unit usaha lainnya.

Tak ketinggalan, masyarakat Ngroto juga memperhatikan lingkungan hidup sebagai antisipasi kemungkinan terjadinya kerusakan lingkungan.

Dalam kesempatan, Ibnu Munzir dan rombongan juga menyerahkan bantuan kepada 21 Bumdes, empat bantuan pengembangan desa wisata dan bantuan sejumlah embung desa. Bantuan ini diterima para kepala desa bersangkutan, seperti dari Desa Sanankerto, Kecamatan Turen  dan Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo  sebagai desa wisata. (mat)