Dosen Universitas Brawijaya Polisikan ASN Bontang

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Salah satu Dosen Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, Maulina Pia Wulandari (42), melaporkan pemilik akun Facebook berinisial SR ke Polres Malang Kota, Kamis (26/07/2018).

 

 

Maulina Pia Wulandari dengan foto editan setelah dicetak

LAPORAN itu terkait dengan dugaan pencemaran nama baik lewat sosial media. SR adalah pemilik akun Facebook yang telah mengedit foto tubuh Pia.

Menurut Pia, yang juga pengamat komunikasi dan public relation di Universitas Brawijaya (UB), SR adalah oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemadam Kebakaran Bontang, Kalimantan.

“Saya sudah mengontak Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni, dan menceritakan kasus yang yang terjadi. Beliau meminta maaf, dan akan segera menindaklanjuti,” tuturnya saat melapor di Polresta Malang.

Pia mengetahui fotonya diedit setelah dikabari salah satu teman Dosen UB, Selasa (24/07/2018) sekitar pukul 11.50 WIB. Temannya mengatakan, ada foto dengan pose berdiri memakai baju kebaya, namun dengan bentuk tubuh yang berbeda. Mengetahui hal itu, Pia memposting balasan terkait foto yang diedit tersebut.

Sekitar 2 jam kemudian, dirinya mendapatkan kabar dari Netizen, jika foto tersebut sudah viral di media sosial whats up, twiter, Instagram, facebook. Sekitar pukul 18.05 WIB, Pia kembali mendapat kontak dari Netizen yang mengabarkan jika yang mengedit dan menyebarkan pertama kali adalah akun SR.

“SR sudah sempat meminta maaf, juga mengaku mengambil dan mengedit foto dan menyebarkan. Hingga menjadi bahan ejekan. Saya memaafkan, namun saya menempuh jalur hukum. Dengan laporan ini, bagian dari pembelajaran, agar netizen tidak sembarangan menyebar informasi,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri mengatakan, akan memproses laporan yang masuk untuk dianalisa dan dikembangkan. “Jika dalam analisis itu ada unsur pidana, akan diproses,” terang Asfuri. (ide)