18 Agustus 2022

TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Tim Pengabdian Universitas Negeri Malang (UM), Jawa Timur, bersama peserta pelatihan di UKM Blitar Raya

Dosen UM Ajari UKM Blitar Raya Jualan Lewat Medsos

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Tim Pengabdian Universitas Negeri Malang (UM), Jawa Timur, membantu Koperasi UKM Blitar Raya memasarkan produknya melalui media sosial. Karena dapat menjangkau semua kalangan yang lebih luas, harapannya dapat mendongkrak omset UKM.

 

Tim Pengabdian Universitas Negeri Malang (UM), Jawa Timur, bersama peserta pelatihan di UKM Blitar Raya

 

TIM yang terdiri dari  Dr. Hadi Sumarsono, ST, MSi, (ketua), Dr. Farida Rahmawati, SE, ME, Vika Annisa Qurrata, SE, ME,  dan Ermita Yusida, SE, ME, (anggota) ini melaksanakan pembinaan sejak Juni 2021.

Kegiatan yang  mengusung tema ‘Pelatihan Pemasaran UKM Menuju Start Up Scale Business Berbasis Potensi Lokal’ ini bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk UKM melalui media sosial.

“Sasaran kegiatan ini sebanyak 30 UKM yang tergabung dalam UKM Blitar Raya. Pelaksanaannya, memberikan materi dari narasumber berkompeten. Karena itu kami menghadirkan David Hendrawan, SE, founder CV Zestful,” kata Dr. Hadi Sumarsono, ST, MSi, belum lama ini.

Tim UM juga mengumpulkan data kondisi UKM melalui kuesioner sebagai upaya observasi mengenai kondisi, teknik pemasaran, pengelolaan keuangan, hingga kelembagaan. Dari hasil survei tersebut akan dilaksanakan pendampingan di bidang pelatihan pemasaran digital.

“Pengabdian ini memberikan hasil yang sangat bagus. Tak hanya meningkatkan wawasan mengenai pemasaran di dunia digital, tapi omset yang akan didapatkan juga bisa meningkat tajam. Bahkan bisa membuka peluang kerja lebih banyak bagi masyarakat sekitar, sehingga dapat menurunkan  pengangguran. Selain itu juga menambah motivasi terus berkembang,” kata Hadi.   (div/mat)