TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Salah satu tarian ditampilkan saat peresmian Gelanggang Prestasi.

Dorong Prestasi Mahasiswa, FIA UB Bangun Gelanggang Prestasi

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA UB) meresmikan Gelanggang Prestasi, Rabu (10/03/2021). Gedung  yang berbentuk gelanggang olahraga dan seni ini dibangun di atas lahan seluas 830 m2 dengan biaya Rp 10,9 miliar dalam waktu 150 hari.

 

WAKIL Dekan Bidang Administrasi Umum dan Keuangan FIA UB,  Dr. Hamidah Nayati Utami, M.Si,  menjelaskan,  lahan yang dipakai untuk gedung  ini dulu bekas  lapangan basket dan voli terbuka serta studio musik tertutup. “Gedung ini akan digunakan untuk olahraga, seni, dan budaya dalam rangka mengasah prestasi mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan,” katanya saat peresmian.

Hamidah menjabarkan, Gelanggang Prestasi FIA UB ini terdiri dari tiga lantai, yakni lantai basement, lantai utama (lantai 1), dan mezanin di lantai teratas. Lantai basement akan digunakan untuk kegiatan karawitan, kulintang, dan alat-alat musik tradisional lainnya, studio musik modern, ruang kontrol, serta lahan parkir mobil yang cukup untuk menampung 14 kendaraan.

Salah satu tarian ditampilkan saat peresmian Gelanggang Prestasi.

Lantai utama diisi lapangan indoor untuk olahraga basket, voli, badminton (tiga lapangan), tenis meja, dan futsal. Juga ada panggung pertunjukan, ruang ganti, ruang bilas, dan gudang. Sedangkan lantai mezanin dipergunakan untuk ruang fitnes untuk dosen dan tenaga kependidikan.

Dekan FIA UB,  Prof. Dr. Bambang Supriyono, MS, mengatakan, pembangunan gedung ini terdorong oleh semangat pencapaian akreditasi internasional. Menurutnya, salah satu poin yang bisa meningkatkan bobot penilaian dalam akreditasi internasional adalah keberadaan fasilitas olahraga.

Selain itu, pihaknya juga ingin agar mahasiswa FIA UB semangat meraih prestasi di seluruh cabang olahraga dan softskills lainnya, selain prestasi di bidang akademik.  “Saya berterima kasih atas kehadiran bapak dan ibu secara daring, termasuk Wakil Rektor bidang Administrasi Umum,  Prof. Gugus Irianto, juga para dekan dan wakil dekan se-Universitas Brawijaya, serta sivitas akademika FIA UB sendiri,” ujar Dekan FIA UB.

Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS, menyambut baik pembangunan Gelanggang Prestasi FIA UB ini. Ia juga memuji pemberian nama gedung ini dengan nama “Gelanggang Prestasi”. Menurutnya, nama itu dapat mendorong terciptanya prestasi. “Saya senang dengan nama itu. Ini bisa memotivasi kita untuk berprestasi,” ujarnya.

Menyinggung soal lahan FIA UB yang kini sudah habis untuk pembangunan fasilitas pembelajaran, Rektor UB mengatakan tidak perlu khawatir. Menurutnya, UB sudah menyiapkan lahan lebih luas di daerah lain, salah satunya di Kepanjen. “Jangan khawatir, kita punya lahan 30 hektar di Kepanjen. Kita  juga sedang merencanakan lahan untuk kampus UB Jakarta. Dekan FIA tinggal memilih, mau di Jakarta atau Kepanjen,” katanya.   (div/mat)