Ditinggal Sholat Jumat, Rumah Warga Villa Sengkaling Terbakar

Kondisi dalam rumah milik Bambang di Perumahan Villa Sengkaling, Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur usai terbakar.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Rumah milik Bambang S, warga Perumahan Villa Sengkaling, Blok G No. 38 Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur, terbakar Jumat (17/05/2019) sekira pukul 12.30 WIB saat sholat jumat.

 

Petugas PMK melakukan pembasahan setelah api yang membakar rumah milik Bambang di Perumahan Villa Sengkaling, Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur berhasil dipadamkan.

MENURUT Kasi Penanggulangan Bencana Kebakaran (PBK) Kabupaten Malang, Agus Suyanto, kebakaran terjadi saat rumah dalam keadaan kosong. “Kejadiannya pukul 12.30 WIB, saat rumah dalam kondisi kosong, karena pemiliknya sedang sholat jumat,” katanya.

Kebakaran rumah milik Bambang pertama kali diketahui tetangganya yang melihat ada  asap mengepul dari dalam rumah. Sembari menunggu petugas PBK datang, warga berusaha memadamkan api menggunakan peralatan seadanya.

Warga bergotong-royong memadamkan api yang membakar rumah milik Bambang di Perumahan Villa Sengkaling, Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

“Upaya pemadaman dan pembasahan kurang lebih satu jam, dengan mengerahkan tiga unit mobil pemadam kebakaran. Dugaaan awal penyebab kebakaran adalah konsleting listrik,” jelas Agus.

Akibat amuk si jago merah di siang bolong itu, rumah milik Bambang pun ludes terbakar. “Tidak ada korban jiwa maupun luka. Kerugian material ditaksir mencapai Rp 250 juta,” tegas Agus.

Sering terjadinya kebakaran akibat korsleting listrik, Agus menghimbau agar masyarakat lebih berhati- hati dan mewaspadai jaringan kabel listrik. “Seringkali arus pendek terjadi karena kabel yang sudah tua dan mengelupas, kemudian sambungan kabel listrik yang kurang pas. Oleh sebab itu, masyarakat harusnya sering melakukan pengecekan terhadap instalasi jaringan listrik di rumah masing-masing. Potensi bahaya kebakaran karena korsleting sebenarnya bisa diminimalisir jika masyarakat peduli dan rutin memeriksa peralatan maupun instalasi listriknya,” pungkasnya.  (diy)