Ditinggal ke Pasar, Rumah Dilahap Si Jago Merah

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Akibat lalai tidak memadamkan api di tungku, rumah milik Jumakyah warga Dusun Bendo, Desa Sukolilo, Kecamatan Jabung, Kabupaten terbakar, Jumat (01/02/2019).

 

 

Relawan PMI dan masyarakat setempat membersihkan puing sisa kebakaran rumah milik Jumakyah di Jabung.

BERDASARKAN penuturan Kasubsi Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Malang, Mudji Utomo, kebakaran terjadi pukul 09.00. “Saat itu kondisi rumah sedang kosong, baru diketahui terjadi kebakaran pukul 09.00 saat korban pulang dari pasar,” terang Mudji Utomo.

Mengetahui dapur rumahnya dilahap si jago merah, Jumakyah berteriak minta tolong warga. Beruntung berkat gotong royong warga, api bisa segera dipadamkan, sehinga tidak sampai membakar habis rumah Jumakyah.

Penyebab kebakaran diduga korban sewaktu pergi ke pasar, api di tungku dapur tidak benar-benar padam saat ditinggal. “Korban memasak mengunakan kayu bakar di tungku, kemungkinan saat ditinggal pergi, api di tungku belum benar-benar padam, sehingga kemudian menyala kembali dan menyambar kayu bakar yang ada di sekitarnya,” jelas relawan senior PMI Kabupaten Malang.

“Beruntung dalam kejadian tersebut tidak sampai menimbulkan korban, hanya kerusakan material,”imbuh Kasubsi PB PMI Kabupaten Malang.

Atas kejadian tersebut, pria yang akrab disapa Mbah Tomo menghimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati. “Masyarakat harusnya lebih hati-hati, kebakaran tidak jarang terjadi karena hal yang kita anggap remeh. Pastikan sebelum meninggalkan rumah atau beranjak tidur, api di kompor maupun di tungku benar-benar padam,”pungkasnya. (diy)