Diterjang Banjir, IPA PDAM Rusak, Pasokan Air Terganggu

Goa Kalisat di Sumbermanjing Kulon yang kebanjiran merusak infrastruktur IPA (Instalasi Pengolahan Air) PDAM Kab Malang.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Hujan lebat yang mengguyur Desa Sumbermanjing Kulon, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang, Jawa Timur dalam beberapa hari terakhir ini,  membuat instalasi pengolahan air (IPA) milik PDAM Kabupaten  Malang di Goa Kalisat, rusak. Akibatnya, pasokan air bersih untuk warga sempat terganggu.

 

Camat Donomulyo, Kabupaten Malang, Marendra Hengki Kurniawan.

MENURUT Kepala Bidang Teknis PD Tirta Kanjuruhan — anak perusahaan PDAM Kabupaten Malang— Haris, kerusakan IPA tersebut karena banyak material, seperti lumpur dan pasir yang menimbun pipa intake yang mengalirkan pasokan air bersih ke Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo.

“Kemarin memang sempat ada kerusakan, karena pipa air untuk instalasi pelayanan air bersih masyarakat Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, kemasukan lumpur dan pasir akibat banjir yang terjadi di Goa Kalisat, Sumbermanjing Kulon,” terang Haris, Rabu (20/03/2019).

Goa Kalisat di Sumbermanjing Kulon yang kebanjiran merusak infrastruktur IPA (Instalasi Pengolahan Air) PDAM Kab Malang.

“Untuk pasokan air ke Desa  Kedungsalam memang sempat terkendala, namun tidak menimbulkan dampak yang serius bagi masyarakat, karena cadangan air bersih kita masih ada. Hari ini sudah dilakukan pembersihan dan perbaikan. Informasinya,  IPA di Kalisat sudah normal kembali,” paparnya.

Menurut Camat Donomulyo, Marendra Hengki Kurniawan, kerusakan IPA PDAM tidak begitu meresahkan masyarakat Kedungsalam, karena selama ini pasokan air bersih masih bisa teratasi. “Masih normal, belum ada kendala, apalagi sekarang musim hujan,” katanya.

Secara terpisah, Camat Pagak, Hari Krispiyanto, menyatakan, sejak hari Sabtu (16/03/2019), wilayah Sumbermanjing Kulon memang diguyur hujan deras hingga Minggu pagi. “Hal itu mungkin yang membuat debit air di Goa Kalisat naik dan terjadi banjir. Namun secara umum tidak membawa dampak bagi masyarakat, karena banjir terjadi di dalam goa, tidak sampai keluar,” pungkasnya.  (diy)