Diterjang Arus Deras, Jembatan Sumbermanjing Kulon Ambrol

Jembatan penghubung di Desa Sumbermanjing Kulon, Kecamatan Pagak yang putus. (ist)

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Diduga akibat hujan deras, jembatan di Desa Sumbermanjing Kulon, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang, Jawa Timur,  ambrol, Rabu (23/01/2019) malam, pukul 23.00 WIB.

 

AMBROLNYA jembatan desa yang menghubungkan RT 20 dan RT 12 di Dusun Krajan, Desa Sumbermanjing Kulon ini dibenarkan Kanit Reskrim Polsek Pagak, Ipda. Yustiar. “Benar mas, kejadiannya tadi malam. Dugaan sementara, penyebabnya karena pondasi jembatan tidak kuat menahan gerusan air sungai karena curah hujan yang tinggi. Beruntung robohnya jembatan tersebut tidak sampai menimbulkan korban,” katanya, Kamis (24/01/2019).

Sementara itu, menurut Ketua RT 20 / RW 06, Desa Sumbermanjing Kulon, Sunardi, ambrolnya jembatan terjadi Rabu malamn, pukul 23.00 WIB. “Saat itu hujan memang lebat, sehingga arus sungai menjadi deras. Mungkin karena tergerus arus yang kuat, pondasi jembatan akhirnya jebol,” tutur Sunardi.

Usia jembatan sepanjang kurang lebih 50 meter tersebut bisa dikata belum terlalu lama dibangun. “Dulu hanya jembatan bambu. Baru pada tahun 2015 dibangun secara permanen,”jelas Sunardi.

“Sebelum runtuh,  sebenarnya sudah ada tanda-tanda, seperti retaknya pondasi jembatan,” imbuhnya.

Akibat runtuhnya jembatan desa, warga di RT 20 dan RT 12 harus berjalan memutar sejauh 2 km. Hal ini diperparah dengan kondisi jalan yang rusak parah. Sayangnya, hingga berita ini dibuat belum ada tanggapan dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Malang.  (diy)