Dishub Kabupaten Malang Kembali Gelar Mudik Gratis

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Hari Raya Idul Fitri sering dirayakan umat muslim dengan berkunjung ke sanak saudara maupun pulang ke kampung halaman bagi yang merantau. Demi memberi pelayanan kepada masyarakat Dinas Perhubungan Kabupaten Malang kembali akan mengadakan mudik gratis 2019.

 

 

Kadishub Kabupaten Malang, Drs. Ek Hafi Lutfi, M.M.

KADISHUB Kabupaten Malang, Drs. Ek Hafi Lutfi, M.M menyampaikan dengan mudik gratis ini, masyarakat Malang Raya yang akan pulang ke kampung halaman diwilayah Jawa Timur bisa terlayani.

“Pertama kami ingin memberikan pelayanan kepada masyarakat Malang Raya yang ingin mudik di wilayah Jatim. Berbeda dengan tahun lalu, untuk mudik gratis 2019, pesertanya bisa warga Malang Raya, baik dari Kota Malang maupun Batu, kalau 2018 hanya masyarakat Kabupaten Malang saja,”terang Hafi, Selasa (09/04/2019).

“Sasaran kedua dengan program mudik gratis, bisa mengurangi arus kepadatan lalu lintas dan memperkecil terjadinya kecelakaan lalu lintas,” imbuh Kadishub.

Berdasarkan dari evaluasi mudik gratis 2018, untuk tahun ini ada sejumlah perubahan. “Ada beberapa yang berubah seperti peserta, kemudian titik start kali ini dari Pendopo Kabupaten Malang yang ada di Jalan Agus Salim Kota Malang. Kemudian waktu pemberangkatan yang kita dekatkan dengan Hari Raya,” jelas Hafi.

Menurut dia, dengan mengambil start dari Pendopo Pringitan Kabupaten Malang yang ada di Kota Malang, maka bisa menjangkau atau mempermudah akses masyarakat yang akan ikut karena letaknya di tengah-tengah. “Jadi masyarakat Lawang, Poncokusumo, Kota maupun Batu yang ingin ikut bisa lebih mudah,” kata Kadishub.

Selain itu pertimbangan dengan dimajukannya tanggal pemberangkatan H-3 mendekati Hari Raya, agar masyarakat yang ingin ikut mudik gratis tidak terlalu lama di kampung halamannya. “Kenapa? Karena kebanyakan peserta yang ikut bekerja sebagai pedagang atau karyawan, kalau berangkatnya seperti tahun lalu, satu minggu dari Hari Raya, mereka kurang berminat, karena terlalu lama tidak bekerja,” bebernya.

Dengan menggunakan lima armada bus pariwisata, kursi yang disediakan untuk mudik gratis dishub 2019 sebanyak 250 kursi. Tujuan mudik gratis meliputi Malang – Bangkalan – Sampang – Pamekasan – Sumenep, Malang – Probolingo – Jember – Bondowoso, Malang – Probolingo – Situbondo – Banyuwangi, Malang – Tulungagung – Trenggalek – Ponorogo.

Bagi masyarakat bisa mendaftar ke UPT. Terminal Dishub yang ada di beberapa kecamatan seperti Kepanjen, Pagak, Gondanglegi, Dampit, Tumpang dengan membawa foto copy KTP dan kartu keluarga.

“Dari dibuka tanggal 18 Maret, saat ini sudah ada 80 orang yang daftar, seperti tahun kemarin selain fasilitas bus pariwisata, peserta akan mendapat snack serta kenang-kenangan dan grastis, tanpa dipungut biaya,”pungkas Hafi. (diy)