Dirjen Pemasyarakatan Tinjau Lapas Lowokwaru

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Direktur Jenderal (Dirjen) Pemasyarakatan, Komjen Pol Reynhard SP Silitonga melakukan kunjungan kerja pertamanya di Jawa Timur, Selasa, (07/07/2020), melihat layanan publik di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Lowokwaru, Kota Malang.

 

Direktur Jenderal (Dirjen) Pemasyarakatan, Komjen Pol Reynhard SP Silitonga melakukan kunjungan kerja di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Lowokwaru, Kota Malang.

 

REYNHARD melakukan inspeksi ke ruangan dan pelayanan. Mulai dari layanan drive thru, layanan kunjungan, hingga ruang-ruang pemberdayaan para warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Suasana di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Lowokwaru, Kota Malang yang bersih dan asri.

“Layanan di Lapas Malang sudah siap, penataannya sudah bagus. Lapas Kelas 1 Malang ini patut dicontoh lapas-lapas lain. Budidaya jamur yang dikembangkan di sini juga oke. Minimal bisa buat pembelajaran para napi agar kelak bisa buat bekal mereka,” kata Reynhard.

Selain meninjau fasilitas dan sarana pemberdayaan para WBP, Reynhard juga memantau kesiapan fasilitas kunjungan menyambut new normal. “Kita cek semua. Bagaiman kesiapannya. Tulis apa adanya saja. Kalau dirasa bagus, tulislah,” ujar jenderal kelahiran Medan ini.

Tentang new normal, pihaknya masih terus melakukan evaluasi di beberapa lembaga pemasyarakatan. Khusus di Lapas Lowokwaru, dia merasa cukup puas, karena   bagus dan siap menuju new normal.  “Mulai pendaftaran yang dilakukan secara online,  dan jarak ruang tunggu sudah  bagus. Waktu bertemu, penjenguk dan WBP dibatasi. Mereka tak bisa bersentuhan langsung. Ada pembatas. Ini bagus, sesuai protokol kesehatan,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Reynhard juga meresmikan Pos Terpadu Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan,  dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). Dengan adanya  pos ini, menjadi sarana sinergi dan kolaborasi aparat penegak hukum harus semakin baik. Karena pemberantasan peredaran gelap narkotika menjadi prioritasnya.

Selain melakukan kunjungan ke Lapas Lowokwaru, Reynhard Silitonga juga melakukan kunjungan ke Sarana Asimilasi dan Edukasi milik Lapas Lowokwaru Malang di Kecamatan Ngajum,  Kabupaten Malang.

Sementara itu, Kepala Lapas Lowokwaru, Anak Agung Gede Krisna mengucap   syukur karena  kunjungan tersebut berjalan lancar. “Semua evaluasi siap dilaksanakan demi kebaikan bersama. Protokol Kesehatan COVID-19 tetap dilakukan secara disiplin,”ujarnya. (roz/mat)