Direktur PT. ITDC : Kami Pilih Kabupaten Malang

Abdulbar Mansoer.

Direktur PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourisme Development Coorporation (ITDC), Abdulbar Mansoer menyebut, ITDC awalnya bernama Bali Tourisme Development. Karena ditugaskan pemerintah pusat mengelola pariwisata di Bali, pada tahun 2014, ITDC kemudian dituntut bisa lebih mewujudkan Bali-Bali lain.

Sejak pergantian nama itu, salah satu BUMN ini kemudian mendapat kepercayaan dari pemerintah untuk mengelola Lombok Utara, Pantai Mandalika, dengan diberi hak kelola tanah. Dalam perkembangannya, ITDC ingin mengembangkan sayap dengan masuk ke 10 destinasi lainnya, di antaranya Danau Toba, Pulau Seribu, Bromo dan Borobudur.

“Usai identifikasi, ITDC putuskan akan mengelola Pulau Seribu, Malang dan Borobudur. Dan, Kabupaten Malang adalah wilayah pertama yang sudah ditandatangani MOU-nya,” jelas Abdulbar.

”Mengapa pilih Kabupaten Malang? Karena Malang dekat dengan Surabaya. Aksesnya banyak. Salah satunya akan berdiri Bandara Internasional, keberadaan Bromo Tengger Semeru, ada pantai selatan dan peninggalan Kerajaan Singosari. Kami bekerjasama dengan Pemda Kabupaten Malang. Pemda punya tanahnya, kami punya keahlian. Awalnya kami akan mulai dari tanah milik Singhasari Residence, sebagai jalan masuknya. Ke depannya, akan kami lakukan untuk kepentingan pariwisata di Malang,” aku Abdulbar.*