Dinas Pengairan Sediakan Reservoir untuk Petani Poncokusumo

Petani Desa/Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang patut bersyukur. Sebab, kini mereka bisa menikmati air dengan melimpah setelah embung/reservoir didesa terserah diserahkan kepada masyarakat desa setempat.

 

Bupati Malang didampingi Kadis Pengairan Wahyu Hidayat meresmikan proyek di Poncokusumo.

KEPALADinas Pengairan Kabupaten Malang, Jawa Timur, Wahyu Hidayat menjelaskan, reservoir yang diresmikan penggunaannya oleh Bupati Malang Dr. H. Rendra Kresna pada Kamis (31/3/2016) ini mampu melayani 600 ha sawah di Desa/Kecamatan Poncokusumo.

“Ini adalah model tringkel irigasi pertama di Indonesia, karena sejumlah lembaga melakukan studi banding ke sini. Airnya dari alirkan dari Sungai Lesti dengan model gravitasi, lalu dialirkan ke sawah penduduk, sehingga tidak butuh biaya. Cuma untuk sementara baru melayani 300 ha,” katanya.

Bupati Malang Dr. H. Rendra Kresna berharap, melalui penyerahan reservoir ini, dapat menjadi media terciptanya sinergi bersama. Karena embung yang pada tahap pembangunannya dikelola pemerintah, selanjutnya pada tahap pemanfaatannya dan pemeliharaannya dikelola oleh masyarakat.

“Semoga dengan adanya embung tersebut, membawa dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat sekitarnya. Manfaat langsung dapat dirasakan adalah embung tersebut dapat berfungsi sebagai fasilitas konservasi air. Tujuan utamanya, dapat digunakan sebagai sarana pengairan lahan pertanian dan tersedianya air yang cukup untuk kegiatan perekonomian lainnya,” harapnya.*