Desa Pujiharjo Juara Siskamling Lagi

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, kembali meraih juara pertama lomba sistem keamanan lingkungan (siskamling) tingkat kabupaten tahun 2018. Piala kemenangan diserahkan Bupati Malang, HM Sanusi saat  upacara pelantikan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kabupaten Malang di lapangan Kelurahan Panarukan, Kepanjen, Selasa (10/12/2019) pagi.

 

Kepala Desa Pujiharjo, Hendik Arso, bersama anggota Linmas usai menerima piala dari Bupati Malang, HM Sanusi sebagai juara pertama lomba siskamling tingkat Kabupaten Malang.

 

“DESA KAMI sudah tiga kali  meraih juara dalam lomba siskamling tingkat Kabupaten Malang. Tahun 2016 meraih juara pertama. Tahun 2017 meraih juara ketiga. Tahun 2018 kembali merah juara pertama yang pialanya diserahkan hari ini. Atas hasil ini, saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak, khususnya masyarakat Pujiharjo yang telah berperan aktif dalam lomba siskamling, sehingga berhasil menjadi juara pertama,” kata Kepala Desa Pujiharjo, Hendik Arso, kemarin siang.

Dua anggota Linmas Desa Pujiharjo, membawa piagam penghargaan dari Bupati Malang, HM Sanusi.

Hendik menambahkan, keberadaan linmas di desanya memang sangat aktif. Tidak hanya menjaga keamanan kampung, tapi juga dalam kegiatan sosial. “Di desa  kami ada 35 orang linmas. Dengan jumlah  penduduk 6.500 jiwa yang menyebar di 33 RT, dan 40 pos kamling,  jumlah linmas ini kami nilai sudah cukup ideal. Sebab, kami juga 15 orang anggota sibat (siaga bencana berbasis masyarakat) dan sejumlah anggota mbelgedes (mbelani generasi  desa), pokdarwis, pokmaswa, dan karang taruna,” katanya.

Kepala Desa Pujiharjo, Hendik Arso, menerima piala dari Bupati Malang, HM Sanusi sebagai juara pertama lomba siskamling tingkat Kabupaten Malang.

Sementara itu, Bupati Malang, HM Sanusi, yang didapuk menjadi inspektur upacara saat pelantikan Satlinmas  Kabupaten Malang  2019 mengatakan, pelantikan  ini langkah awal untuk implementasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 84 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat, Pasal 7 Ayat (1), yang menyebutkan bahwa anggota Satlinmas sebagaimana dimaksud pada pasal 6 dilantik oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten/Kota di wilayahnya.

Bupati Sanusi berharap agar keberadaan Satlinmas dapat berjalan beriringan dengan Pemerintah Kabupaten Malang dan menyukseskan seluruh agenda pembangunan, sekaligus menjadi bagian dalam rangka menjalankan amanat sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Minimal. “Pelayanan yang dimaksud meliputi pelayanan ketenteraman dan ketertiban umum, pelayanan informasi rawan bencana, pelayanan pencegahan, dan kesiapsiagaan terhadap bencana, pelayanan penyelamatan, dan evakuasi korban bencana, ” jelasnya.

Sanusi mengajak seluruh anggota Satlinmas untuk terus meningkatkan kemampuan dan kapasitas, yang berdedikasi tinggi, memperkuat kerjasama dan sinergitas. Apalagi sebentar lagi akan diselenggarakan pemilukada. “Satlinmas  harus turut menyukseskan gelaran Pemilukada Kabupaten Malang 2020, dengan ikut serta membantu dalam menciptakan kondisi ketenteraman dan ketertiban masyarakat, menjelang pelaksanaan hingga pasca pemilukada,” katanya .

Bupati berharap,  melalui pelantikan anggota Satlinmas ini, dapat terwujud tata kehidupan masyarakat Kabupaten Malang yang aman dan tenteram. Karena  hal ini merupakan modal berharga dalam rangka menyukseskan seluruh agenda-agenda pembangunan daerah, demi Kabupaten Malang yang semakin gemilang.

Dalam kegiatan yang dihadiri Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Malang, Camat se wilayah Kabupaten Malang, juga diserahkan penghargaan lomba Siskamling tingkat Kabupaten Malang. Juara satu diraih Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo. Juara kedua diraih Kelurahan Lawang, Kecamatan Lawang. Juara ketiga diperoleh Desa Sumbermanjing Kulon, Kecamatan Pagak. (bri/mat)