Desa Kepuharjo Juara 1 Lomba Kesatuan Gerak PKK dan KB Kesehatan 2016

Tim penilai turun ke Desa Kepuharjo.

Desa Kepuharjo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur berhasil menjadi juara satu Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan Tingkat Kabupaten Malang. Bahkan, menurut informasi lisan yang didapat Badan Keluarga Berencana (Badan KB), Kepuharjo malah menjadi juara satu tingkat Propinsi Jawa Timur.

“Kepuharjo memang sudah menjadi juara pertama tingkat Kabupaten Malang dalam lomba Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan Tingkat Kabupaten Malang tahun 2016. Selanjutnya mewakili Kabupaten Malang untuk lomba yang sama di tingkat Jawa Timur. Kabarnya, Kepuharjo sudah menjadi juara satu tingkat Jawa Timur. Cuma saya belum dapat informasi resmi. Masih informasi lisan,” kata Kepala Badan KB Kabupaten Malang, Hadi Puspita, belum lama ini.
Khamim, Kepala Desa Kepuharjo menyatakan, lolosnya Desa Kepuharjo berkat adanya laporan di wilayah desa serta penunjang kegiatan yang lain di samping dukungan masyarakat sangat baik.
“Kita juga tidak tahu kalau Kepuharjo bisa juara. Kami juga tidak menyangka. Hanya saja desa ini pernah mendapatkan juara kedua lomba kesehatan anak-anak se-Kabupaten Malang,” ungkapnya.
Lebih lanjut dikatakannya, persia-pan untuk ikut lomba Kesatuan Gerak PKK-KB dan Kesehatan ini terbilang sangat singkat. Semua itu bisa dilalui berkat dukungan penuh dari seluruh kader PKK, Posyandu,serta perangkat desa dan masyarakat Kepuharjo.
“Desa hanya diberi kesempatan 10 hari untuk mempersiapkan segala se-suatunya untuk ikut dalam lomba terse-but. Ini waktu yang sangat singkat,” katanya.
Dalam lomba tingkat Kabupaten Malang ini, ada enam elemen yang dinilai, di antaranya Posyandu balita, lansia, rumah tangga muda, kepemu-daan serta KB-Kesehatan.
“ Untuk Posyandu, kami memili-ki enam Posyandu yang tersebar di enam dusun, yakni Dusun Kepuh Utara, Kepuh Selatan, Wringin Anom, Karangploso Wetan, Turi, dan Telasih,” jelasnya.
Khamin menambahkan, kalau memang ditakdirkan menjadi juara di tingkat Propinsi Jawa Timur, maka be-ban dan tanggung jawabnya sangat berat, sehingga diperlukan dorongan dan perhatian secara khusus, baik da-ri kecamatan, kabupaten, termasuk instansi lainnya,” pungkasnya.
Data yang diperoleh dari Pemerintah Desa Kepuharjo, jumlah penduduk desa ini mencapai 7.100 penduduk.Sedangkan potensi desa, di samping pertanian, ada UKM berupa kerajinan rotan yang terletak di Dusun Karangploso dan bunga di Desa Wringin Anom.

Camat Karangploso, Suroto
Sukses yang diraih Desa Kepuharjo, Kecamatan Karangploso menjadi juara pertama Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan Tingkat Kabupaten Malang dan mewakili Kabupaten Malang di tingkat Propinsi Jawa Timur, membuat Camat Karangploso, Suroto bangga.
“Tentu saja sangat bangga dengan keberhasilan Desa Kepuharjo yang menjadi juara dan menjadi wakil Kabupaten Malang. Dengan keberhasilan ini semoga dapat ditiru oleh 8 desa lainnya,” kata Suroto, Minggu (28/2) siang.
Suroto menambahkan, dalam waktu dekat, Desa Kepuharjo akan ditetapkan sebagai pilot project semua kegiatan PKK-KB dan kesehatan di Kecamatan Karangploso.
“Dengan keberhasilan ini, Keca-matan Karangploso telah menetapkan dua prioritas. Pertama, di samping menetapkan Desa Kapuharjo sebagai pilot project, kami akan membantu pembenahan di bidang administrasi dan data-data di masyarakat. Ini men-jadi prioritas PKK kecamatan. Kedua, melakukan pembinaan dan pendataan usaha-usaha di masyarakat yang bisa jadi binaan PKK,” tandasnya.

Tak Disangka
Badan Keluarga Berencana (Badan KB) Kabupaten Malang sangat mengapresiasi keberhasilan Desa Kepuharjo, Kecamatan Karangploso yang berhasil menjadi juara pertama tingkat Kabupaten malang dan maju ke tingkat Propinsi Jawa Timur dalam Lomba Kesatuan Gerak PKK dan KB-Kesehatan 2016.
“Ini merupa-kan kejutan, karena selama ini Desa Ke-puharjo, Kecama-tan Karangploso tidak diperhitungkan. Namun berkat usaha keras, akhirnya berhasil mengukir prestasi. Diharapkan dapat meniru keberhasilan Desa Sumber Sekar, Kecamatan Dau yang pernah menjadi juara nasional,” ungkapnya.
Hadi Puspita menambahkan, dengan majunya Desa Kepuharjo, Badan KB akan membantu secara maksimal untuk membantu menyempurnakan segala keperluan untuk mengikuti lomba yang sama di tingkat Propinsi Jawa Timur.
Bahkan, Badan KB akan menetap-kan Kepuharjo sebagai pilot project guna meningkatkan upaya peningkatan keluarga sejahtera (UPPKS).
“Hal ini sangat penting untuk dilakukan guna mempercepat kesejah-teraan di masyarakat,” tandasnya.*