Cegah Penularan COVID, Bupati Malang Himbau Masyarakat Rutin Olah Raga

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Malang Raya memang sudah berakhir pada Sabtu (30/05/2020) lalu. Tapi bukan berarti sudah terbebas dari ancaman COVID-19. Bahkan, minggu depan akan diterapkan new normal untuk mencegah penyebaran Virus Corona. Karena itu Bupati Malang, HM Sanusi menghimbau masyarakat agar tetap menjalankan protokol kesehatan COVID-19, termasuk rutin olah raga agar tetap sehat.

 

 

Bupati Malang, HM Sanusi menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak banjir di Dusun Tamban, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

PESAN ini ia sampaikan secara tersirat saat memimpin Rapat Koordinasi Sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 20 Tahun 2020 tentang Pedoman Tatanan Normal Baru pada Kondisi Pandemi COVID-19 di Pendopo Kabupaten Malang, Kepanjen, Selasa (02/06/2020) pagi.

Hadir dalam rapat ini, Dandim 0818 Kabupaten Malang – Kota Batu, Letkol Inf. Ferry Muzawwad, S.IP sekaligus sebagai Ketua Satgas New Normal, Kapolres Malang AKBP Hendri Umar, S.IK, M.H yang juga Wakil Ketua Satgas New Normal Kabupaten Malang, Plt Sekretaris Daerah, Dr. Ir.  Wahyu Hidayat, para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), serta muspika se Kabupaten Malang.

“Masa PSBB sudah berakhir, sekarang akan diterapkan new normal. Selama masa  new normal, akan dilakukan operasi penegakkan disiplin protokol kesehatan. Jika ada yang melanggar, akan dikenai sanksi,” jelas Bupati Malang, HM Sanusi.

Anak-anak yang menjadi korban banjir di Dusun Tamban, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan juga dapat bantuan.

Karena itu, masih kata Sanusi, masyarakat dihimbau agar  tetap melakukan protokol kesehatan, seperti mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setiap kali habis beraktivitas, mengenakan masker setiap kali keluar rumah, tetap jaga jarak. “Kepada Satgas New Normal, saya minta agar   tetap memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak berkerumun, dan  tetap menerapkan physical distancing,” pintanya.

Di tengah  pandemi COVID-19 ini, Sanusi berharap masyarakat Kabupaten Malang tetap kompak, bersatu melawan virus  dengan cara menjaga kesehatan, memperhatikan pola makan, dan rutin olahraga. Tidak hanya masyarakat, dia juga  meminta kepada seluruh muspika agar turun ke lapangan untuk mensosialisasikan protokol kesehatan yang harus dipatuhi di tatanan normal baru (new normal) ini.

Pada kesempatan yang sama, Dandim 0818 dan Kapolres menekankan agar satgas memberikan edukasi dengan menggunakan bahasa yang sopan  dan mudah dipahami agar  penerapan new normal tidak menambah korban baru. “Masyarakat diberikan kelonggaran dan kebebasan keluar rumah, namun dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” kata  Kapolres.

Sementara itu, pada Senin (01/06/2020) siang, Bupati Malang, HM Sanusi, menyalurkan bantuan 225 paket sembako kepada  korban banjir di Dusun Tamban, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan sekaligus sosialisasi pelaksanaan new normal.  “Intensitas hujan Sabtu (30/05/2020) lalu memang cukup tinggi. Akibatnya ada 40 kepala keluarga terdampak banjir dengan ketinggian air sekitar 75 centimeter,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Bambang Istiawan.  (iko/mat)