Cegah Kecelakaan, 39 Sopir Angkutan Umum Dites Urine

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalulintas  di musim liburan sekolah karena pengemudi mengunakan narkoba, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Malang, Jawa Timur bersama tim gabungan Polres Malang, melakukan tes urine terhadap 39 sopir angkutan umum  di Terminal Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, Selasa (18/12/2018).

 

Tes urin pengemudi angkutan jalan raya yang dilakukan BNN Kabupaten Malang dan Tim Gabungan.

 

KEPALA BNN Kabupaten  Malang, Letkol Laut (PM) Agus Musrichin menyampaikan,  tes urine yang dilakukan secara acak dan mendadak ini untuk menekan terjadinya  kecelakaan lalulintas  akibat penyalahgunaan narkoba.

“Kami bersama jajaran Polres Malang, Dinas Perhubungan  melaksanakan razia dan tes urine. Saat ini sudah mulai memasuki musim liburan. Kami antisipasi,  khususnya para pengemudi angkutan umum, jangan sampai mengemudi di bawah pengaruh narkoba, karena sangat berbahaya dan berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas,” terang Agus, Selasa (18/12/2018).

Tidak hanya melakukan tes urine kepada para pengemudi angkutan umum, khususnya bus jurusan Surabaya – Malang – Blitar, BNN Kabupaten  Malang juga melakukan sosialisasi bahaya narkoba terhadap para penumpang.

“Jadi, sembari menunggu sopirnya di tes urine, kami sosialisasikan bahaya narkoba dan P4GN (Pencegahan, Penanggulangan dan Pemberantasan Peredaran Gelap Narkorba) kepada para penumpangnya,” jelas Kepala BNN Kabupaten Malang.

Dalam operasi yang dilakukan secara mendadak tersebut, sebanyak  39 sopir angkutan umum berhasil dites urine. “Dari 39 yang kita tes urine, hasilnya negatif. Kami harap kesadaran masyarakat untuk menjauhi dan memerangi narkoba semakin tinggi. Karena masalah narkoba adalah permasalahan bangsa, butuh peran aktif semua pihak untuk memberantasnya,”pungkas Agus.

Dalam operasi gabungan tersebut, selain melakukan tes urine kepada para sopir, jajaran Satlantas Polres Malang juga melakukan razia terhadap kendaraan. Sejumlah pengendara yang tidak  membawa surat diamankan.  (diy)