Cegah Corona, Alfamart Semprotkan Disinfektan

Karyawan Alfamart di Malang bersiap melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan kantor.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Penyebaran Virus Corona atau Corona Virus Disease 2019 (COVID 19) yang cukup masif, membuat sejumlah pihak harus melakukan upaya pencegahan agar  tak semakin menyebar luas. Seperti yang dilakukan manajemen PT Sumber Alfaria Trijaya Malang (Alfamart) di Jl. Raya Singosari No.1, Sempol, Ardimulyo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan kantor, Sabtu (21/03/2020).

 

Petugas melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan kantor.

 

MENURUT Regional Corporate Communication Manager PT. Sumber Alfaria Trijaya Cabang Malang, Moch Faruq Asrori,  penyemprotan yang dilakukan sekitar pukul 09.00 WIB ini, bertujuan untuk mencegah pernyebaran Virus Corona. “Penyemprotan tidak hanya dilakukan di Singosari,  tapi  di semua kantor Alfamart di seluruh Indonesia, dimulai 16 Maret 2020,” katanya.

Kasir Alfamart menggunakan masker guna menghindari tertular Virus Corona.

Faruq Asrori menambahkan, untuk membersihkan kawasan-kawasan yang rentan dengan virus, pihak perusahaan juga menerapkan SOP (Standar Operasional Prosedur) yang mengharuskan semua karyawan yang akan masuk ke dalam wilayah kantor, dilakukan screening (pengecekan) suhu badan,  menggunakan thermometer gun.

Jika suhu badan karyawan menunjukkan 37 derajat ke atas, harus diperiksakan ke dokter dan boleh bekerja di rumah atau Work From Home (WFH). “Selain itu, setiap pegawai kantor dan karyawan toko, diberikan masker untuk pencegahan dini Virus Corona,” jelas Faruq.

Selain melakukan penyemprotan disinfektan di area kantor, pihak PT. Sumber Alfaria Trijaya, bekerjasama dengan LAZISMU (Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah) Muhammadiyah, juga melakukan penyemprotan di kawasan tempat ibadah dan fasilitas umum.

“Nah, untuk yang satu ini, kita bekerjasama dengan LAZISMU dengan menggunakan uang donasi yang telah terkumpul dari para konsumen Alfamart. Untuk kegiatan ini,  menargetkan 100 titik di seluruh Indonesia, dilakukan oleh kantor pusat,  sejak 16 Maret 2020,” tandas Faruq.

Mengenai penerapan Work From Home (WFH), PT. Sumber Alfaria Trijaya di kantor pusat Jakarta sudah menerapkannya. Sedangkan untuk Cabang Malang,  masih sebagian yang menerapkan kebijakan tersebut.

“Harapannya, dengan pencegahan dini serta dilakukannya penyemprotan disinfektan, Alfamart dapat membantu pemerintah mencegah penyebaran Virus Corona agar tidak semakin menyebar. (roz/mat)