Bupati Malang Berpeluang Raih Nirwasita Tantra 2018

Bupati Malang Dr. H. Rendra Kresna menanam pohon dalam sebuah kegiatan lingkungan hidup di Desa Kucur, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur, belum lama ini.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Bupati Malang, Jawa Timur, Dr. H. Rendra Kresna berpeluang meraih penghargaan Nirwasita Tantra tahun 2018 dari pemerintah pusat. Penghargaan tersebut diberikan kepada kepala daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan, dan program kerjanya guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

MELALUI Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), kepala daerah penerima dinilai memiliki leadership yang kuat dalam menjaga lingkungan demi kesejahteraan masyarakat. Pembangunan di bidang pengelolaan lingkungan sendiri menjadi salah satu program prioritas yang digalakkan Pemerintah Kabupaten Malang. Penghargaan ini direncanakan akan diserahkan KLHK pada peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun 2018.

Hal ini disampaikan Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Malang, Jawa Timur,  Ir. Untung Sudarto, M.T. “Pemerintah pusat menilai Bupati Malang mampu merumuskan dan menerapkan kebijakan dalam program kerjanya untuk turut memperbaiki kualitas lingkungan hidup di wilayah Kabupaten Malang,” katanya, Senin (03/09/2018).

Menurut mantan Kepala Bagian Tata Pemerintahan ini, penghargaan Nirwasita Tantra diberikan berdasarkan penilaian atas kinerja pengelolaan lingkungan hidup di daerahnya yang dituangkan dalam Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah. “Penghargaan Nirwasita Tantra Terbaik 1 kategori Kabupaten telah berhasil diraih oleh Kabupaten Malang pada tahun 2017,” terang Untung.

Ia menjelaskan, mekanisme penilaian Nirwasita Tantra diawali dengan tahap penapisan dokumen penilaian atas buku dan ringkasan eksekutif Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (IKPLHD) yang didasarkan pada validitas, akurasi,  dan kejelasan data serta analisis data dengan mengacu pada metode analisis kausalitas Pressure – State – Response (PSR).

Untung menambahkan, tahap akhir penilaian dalam bentuk presentasi kepala daerah di hadapan para panelis independen dan pertanyaan dari floor (press).

‘’Pada tahap ini telah lolos seleksi 12 kota, 12 kabupaten,  dan 6 provinsi, yang selanjutnya para kepala daerah tersebut melakukan pemaparan terkait respons dan kepemimpinannya terhadap pengelolaan lingkungan hidup di wilayahnya. Pemaparan yang akan dilakukan Bupati Malang dijadwalkan pada Selasa, 4 September 2018 pukul 16.00 WIB di gedung Manggalan Wanabhakti, KLHK, Jakarta,” pungkasnya. (mat)