Bukan Hanya Yang Terbakar, Pemerintah Bangun Pasar Lawang Seluruhnya

Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Enggartiasto Lukita meninjau Pasar Lawang, Jumat (31/05/2019) siang, didampingi Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elisitiano Dardak (baju putih) dan Plt Bupati Malang, Drs HM Sanusi, MM (batik coklat pakai kopyah).

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Ada kabar baik bagi pedagang di Pasar Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pemerintah akan segera membangun pasar yang terbakar pada Rabu (17/04/2019) lalu.  Bahkan, pemerintah akan membangun secara keseluruhan. Bukan hanya  yang terbakar, karena usianya sudah tua.

 

HAL INI disampaikan Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Enggartiasto Lukita, saat melakukan kunjungan ke Pasar Lawang, Jumat (31/05/2019) siang. Ikut mendampingi, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elisitiano Dardak dan Plt Bupati Malang, Drs HM Sanusi, MM.

Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Enggartiasto Lukita melihat salah satu barang dagangan di salah satu toko.

Di Pasar Lawang, Mendag  meninjau lantai dua  yang baru terbakar. Menurutnya, pemerintah pusat siap membantu Pemerintah Provinsi Jatim dan Pemerintah Kabupaten Malang untuk secepatnya membangun kembali Pasar Lawang. Pihaknya ingin memberikan kenyamanan bagi pedagang yang berjualan maupun masyarakat yang membeli di pasar tersebut.

Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Enggartiasto Lukita meninjau lantai dua Pasar Lawang yang terbakar, didampingi Plt Bupati Malang, Drs HM Sanusi, MM (batik coklat pakai kopyah).

Menurutnya, terkait dampak dari kebakaran Pasar Lawang, ada dua pilihan. Pertama, dibangun kembali di bekas kebakaran. Kedua, dibangun secara keseluruhan. “Saya ingin melanjutkan kinginan Pemerintah Kabupaten  Malang,  yakni dibangun secara keseluruhan, mengingat usia pasar sudah tua dan kondisinya banyak yang rusak. Apalagi sering terjadi kebakaran. Jika dibangun secara keseluruhan, maka harus ada perencanaan dan dibutuhkan waktu yang lama,” terang Enggartiasto Lukita.

Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Enggartiasto Lukita menyapa PKL saat berkunjung ke Malang.

Mendag menjelaskan, untuk biaya pengerjaan pembangunan pasar Lawang, dapat dilakukan secara sharing antara Pemerintah Pusat, Pemprov Jatim dan Pemkab Malang. Mendag menggambarkan, jika Pasar Lawang dipastikan dibangun secara keseluruhan, maka harus dipikirkan dan disiapkan lokasi penampungan sementara bagi para pedagang. Jika didapat kesepakatan, Mendag menyerahkan sepenuhnya kepada Pemkab Malang terkait pembangunan Pasar Lawang.

Sementara itu, Plt. Bupati Malang, Drs. HM Sanusi, MM, mengatakan, keinginan masyarakat dan pedagang, Pasar Lawang direhab total. Pemkab Malang sudah menyiapkan Stadion Lawang sebagai tempat penampungan sementara para pedagang. Dalam waktu dekat, Kemendag bersama Pemprov Jatim dan Pemkab Malang akan duduk satu meja untuk  membahas pembangunan  Pasar Lawang.

”Atas nama Pemkab Malang, saya  menyampaikan terimakasih kepada Mendag yang nantinya turut serta membantu proses pembangunann ulang Pasar Lawang. Semoga hal ini akan mempercepat realisasi keinginan para pedagang dan masyarakat agar Pasar Lawang segera dibangun,” kata  Sanusi.

Setelah meninjau Pasar Lawang, Mendag dari Partai Nasdem ini meninjau Pasar Singosari. Dia menjamin ketersediaan sejumlah komoditas pokok jelang Hari Raya Idul Fitri maupun libur panjang, aman hingga Hari Raya Idul Adha. Dia mengakui, memang ada beberapa komoditas pokok yang mengalami kenaikan harga, namun kenaikan  tersebut masih terbilang wajar. Seperti gula, harga jualnya cenderung naik, namun masih di bawah HET (harga eceran tertinggi). Sementara, beberapa harga jual kebutuhan pokok lainnya masih  stabil. (iko/mat)