TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Kebakaran yang menghanguskan pabrik dupa milik Jupri di Wagir.

Buang Puntung Rokok Sembarangan, Pabrik Dupa Ludes Terbakar

Kebakaran yang menghanguskan pabrik dupa milik Jupri di Wagir.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Akibat dilahap si jago merah, pabrik dupa atau hio milik Jupri (63) warga Dusun Jenglong, Desa Dalisodo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Jumat (26/04/2019) hangus terbakar.

 

MENURUT Camat Wagir, Rachmad Ichwanul Muslimin, S.H,M.Si kebakaran terjadi pukul 06.00. “Saya mendapat laporan bahwa pabrik dupa milik Pak Jupri terbakar, pukul 06.00, laporan tersebut langsung saya teruskan ke PPBK (Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran Kabupaten Malang,” terang Camat Wagir.

Menurut Ikhwanul, api baru bisa dipadamkan pukul 09.00. “Petugas PBK datang pukul 08.30, setengah jam kemudian api bisa dipadamkan,”katanya.

Sementara itu menurut Kasi Penanggulangan Bahaya Kebakaran Kabupaten Malang, Agus Suyanto, untuk memadamkan amuk si jago merah di pabrik hio milik Jupri, pihaknya harus mengerahkan dua unit mobil pemadam kebakaran.

“Ada dua unit mobil damkar, sesuai prosedur kita lakukan pemadaman dan pembasahan. Banyaknya material yang mudah terbakar seperti lidi kering dan bahan dupa, menjadi kendala, karena asap sangat tebal,”jelasnya.

Dugaan penyebab kebakaran menurut Kasi PBK Kabupaten Malang adalah puntung rokok. “Dari keterangan ada puntung rokok yang masih menyala, kemudian membakar tumpukan lidi, api membesar sehingga hampir seluruh bangunan terbakar,” kata Agus.

Beruntung dalam kebakaran tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa maupun luka. “Nihil korban, para pekerja ketika mengetahui ada kebakaran langsung menyelamatkan diri. Kalau untuk kerugian material ditaksir mencapai seratus juta rupiah, karena selain bangunan, ada sepeda motor serta material dupa yang hangus terbakar,”pungkas Kasi PBK Kabupaten Malang. (diy)