TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Buang Puntung Rokok, 1.000 M2 Kebun Bambu dan Sengon Terbakar

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Lahan bambu dan sengon seluas kurang lebih 1.000 m2 di Desa Pandanlandung RT 05/RW 05 Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Jawa Timur, terbakar, Jumat (25/10/2019) malam, sekitar pukul 18.00 WIB. Penyebab kebakaran diduga karena puntung rokok.

 

Kebun bambu dan sengon seluas 1.000 m2 di Pandanglandung, Wagir, Kabupaten Malang terakar.

 

MALAM ITU, sekitar pukul 18.37 WIB, petugas piket pemadam kebakaran (PMK) Kabupaten Malang, menerima laporan dari Arif, warga Desa Pandanlandung, Kecamatan Wagir. Kepada petugas jaga, Arif menjelaskan ada kebakaran lahan bambu dan sengon di desanya.

Petugas berusaha memadamkan api yang membakar kebun bambu dan sengon.

Tak lama berselang, Tim PMK Kabupaten Malang yang dipimpin Endri Wiyanto sebagai Komandan Regu, langsung meluncur ke lokasi kebakaran.  Tiga unit mobil pemadam kebakaran (damkar) ditambah satu unit damkar dari Kota Malang, meluncur ke tempat kejadian perkara.

Empat mobil damkar dikerahkan untuk memadamkan api di Pandanglandung, Wagir, Kabupaten Malang yang membakar kebun bambu dan sengon.

Tiba di lokasi, petugas PMK, dengan bantuan sejumlah masyarakat, langsung melakukan tindakan penanggulangan dan pembasahan. “Ada lahan bambu dan pohon sengon seluas sekitar 1.000 m2 yang terbakar. Sejauh ini kami juga belum tahu siapa pemiliknya,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Satpol PP Kabupaten Malang, Goly Karyanto, Sabtu (26/10/2019) siang.

Setelah memakan waktu yang cukup lama, akhirnya api berhasil dipadamkan pada Jumat malam, pukul 22.15 WIB. Menurut Goly, meski belum ada kepastian penyebab kebakaran, namun patut diduga, kebakaran ini disebabkan orang yang membuang puntung rokok sembarangan. (bri/mat)