BPBD Upayakan Bantu Air Bersih Atasi Kekeringan di Sumbermanjing Wetan

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Pasca adanya pemberitaan media adanya kekeringan di dua desa di Sembermanjing Wetan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang bereaksi cepat dengan upaya pengiriman bantuan air bersih kepada lokasi terdampak. Hal ini dikatakan Bambang Istiawan Kepala BPBD Kabupaten Malang melalui sambungan telepon Jumat, (26/7/2019).

“PADA INTINYA kami siap membantu untuk mengerahkan truk tangki air bersih ke lokasi terdampak kekeringan,” tegas Bambang Istiawan. Dikatakannya, saat ini pihaknya masih melakukan assesment (pendataan dan kajian) secara mendalam guna memaksimalkan sumber air yang ada di dua desa yang terkena bencana kekeringan.

Dipaparkannya, sumber air bersih di dua desa tersebut masih ada namun debit airnya mengalami penyusutan. Diungkapkannya, pihaknya akan terlebih dulu memaksimalkan penggunaan sumber air yang ada untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga sehari-harinya.

Apabila sumber air yang ada di Sumut dan mata air masih bisa dioptimalkan dengan cara melakukan penggalian, maka ia berharap hal tersebut bisa mengurangi penderitaan warga akan air bersih.

“Kami akan mengirimkan beberapa tangki bermuatan air bersih untuk memasok kebutuhan air warga,” terang mantan kepala satpol PP ini.

Dijelaskannya pihaknya akan mengirim minimal 3 tangki air bersih dengan kapasitas per tangki bisa mengangkut 500 liter air bersih. Satu truk tangki itu, biasanya bisa dipergunakan untuk kebuhutan minum 20 KK.

Seperti diketahui, sebanyak 1.300 KK di dua desa yaitu Klepu dan Ringinkembar Sumbermanjing Wetan mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih. Suwanto, Kepala Desa Klepu berharap,adanya bantuan air bersih  dari pemerintah.

“Untuk mengatasi kekurangan air ini, kami sudah koordinasi bersama perangkat. Dan yang jelas, kami berharap bantuan sumur bor. Bagaimana, mekanismenya, kami minta petunjuk Camat”, terang Suwanto. (hadi)