BNNP Jawa Timur Pusatkan HANI 2018 di Batu

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – BNNP (Badan Narkotika Nasional Provinsi) Jawa Timur akan memusatkan peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2018  yang jatuh setiap tanggal 26 Juni, di Balai Among Tani Kota Batu, pada tanggal 14, 15 dan 15 Juli 2018.

 

Kepala BNNP Jatim Brigjen Pol, Drs. Bambang Budi Santoso.

MENURUT Kepala BNN Kabupaten Malang, Letkol Laut (PM). Agus Musrichin, Selasa (26/06/2018), tema HANI 2018 secara internasional adalah ‘Listening first – Listening to children and youth is the first step to help them grow helathy and safe  yang bisa diartikan mendengarkan suara hati anak-anak dan generasi muda merupakan langkah awal untuk membantu mereka tumbuh sehat dan aman tanpa narkoba.  .

Kepala BNN Kabupaten Malang Letkol Laut (PM) Agus Musrichin.

Kepala BNN Republik Indonesia, Komjen Pol. Drs. Heru Winarko, SH,  menyerukan agar masyarakat Indonesia bersatu padu memerangi narkoba. “Mari menyatukan dan menggerakan seluruh kekuatan bangsa dalam perang melawan narkoba, untuk mewujudkan masyarakat Indonesia sehat tanpa narkoba,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BNNP Jawa Timur, Brigjen Pol. Drs. Bambang Budi Santoso, menghimbau kepada penyalahguna narkoba agar tidak takut  melakukan rehabilitasi.

“Kepada seluruh penyalahguna narkoba, sebelum narkoba menamatkan riwayatmu, segera bertobat, karena kecanduan narkoba bisa disembuhkan dengan rehabilitasi. Kami tunggu di kantor- kantor BNN. Rehabilitasi tersebut gratis,” himbau Brigjen Pol. Bambang Budi Santoso.

Sementara itu, Kepala BNN Kabupaten Malang, Letkol Laut (PM) Agus Musrichin, menyampaikan pentingnya perhatian orang tua dan keluarga untuk mencegah generasi muda terjebak dalam penyalahgunaan narkoba. “Dengan keluarga yang harmonis, masyarakat yang peduli kita wujudkan Kabupaten Malang sehat tanpa narkoba,” katanya.

Agus menambahkan, peringatan HANI  secara internasional memang jatuh pada 26 Juni. “Tapi untuk peringatan dan upacaranya, BNNP Jatim memusatkan pada bulan Juli 2018 di Kota Batu,” jelas Agus.

Natinya,  tanggal 14 Juli 2018,  akan ada kegiatan wayangan. Keesokan harinya diadakan bakti sosial,  seperti donor darah, pengobatan gratis, bazar murah, dan jalan santai serta sepeda santai. “Upacaranya  tanggal 16 Juli di Balai Kota Amongtani Batu yang dihadiri langsung oleh Kepala BNNP Jatim,” paparnya.

Untuk peringatan HANI  2018, BNN Kabupaten  Malang akan melakukan kegiatan donor darah pada tanggal 10 Juli 2018. “Kalau dari BNN Kabupaten  Malang akan ada kegiatan donor yang akan dilakukan di kantor kami,”ungkap Agus.

Dalam donor darah yang akan dilaksanakan tersebut, secara simbolis,  BNN Kabupaten  Malang  akan menyerahkan kaos media partner BNN kepada para jurnalis. Menurut Agus, hal itu dilakukan karena media massa dianggap memegang peran yang penting dalam perang terhadap narkoba yang dicanangkan BNN RI.

“Media massa merupakan salah satu partner kerja kami dalam melakukan sosialisasi tentang bahaya narkoba. Dengan salah satu fungsi edukasinya, kami,  melalui media massa,  bisa mengkampayekan bahaya narkoba kepada masyarakat secara efektif,” pungkas Agus.  (diy)