Bina Marga Lebarkan Jalan di Turirejo

Petugas Dinas PU Bina Marga membersihkan tanah yang habis dikepras ke dalam truk untuk selanjutnya dibuang ke lokasi lain.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Sejumlah pekerja dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (Dinas PUBM) Kabupaten Malang, Jawa Timur, melakukan pengeprasan bahu jalan sepanjang kurang lebih 1.500 m2 di Desa Turirejo, Kecamatan Lawang, sejak Kamis (01/10/2020) pagi. Targetnya, jalan menjadi lebih lebar, air hujan langsung mengalir ke saluran, sehingga jalan menjadi lebih awet.

 

Petugas Dinas PU Bina Marga mengepras bahu jalan di Turirejo, Lawang, Kabupaten Malang agar jalan lebih lebar dan bersih.

 

“DENGAN adanya pengeprasan bahu jalan ini diharapkan jalan menjadi lebih lebar, sehingga jika ada kendaraan, terutama kendaraan roda empat yang bersimpangan di jalan tersebut, menjadi lebih mudah. Tidak sampai terjadi senggolan atau kecelakaan,” kata Rohman, salah pegawai UPT Dinas PUBM Kecamatan Singosari yang ikut terlibat dalam pekerjaan tersebut., Jumat (02/10/2020) siang.

Dia menambahkan, selain mengepras bahu jalan menggunakan alat berat (Ieskavator), juga dilakukan normalisasi saluran air. Bahkan, di beberapa bagian yang belum ada saluran airnya, dibuatkan saluran air. “Harapannya, air hujan yang meluber di jalan, bisa langsung mengalir ke saluran, sehingga jalan menjadi lebih awet. Sebab, kalau air menggenang di jalan, lama-lama membuat jalanan cepat rusak,” terangnya.

Rencananya, pekerjaan ini membutuhkan waktu kurang lebih sembilan hari, mengingat volume bahu jalan yang dikepras cukup banyak, sekitar 1.500 m2.  “Selain itu juga harus dilakukan pembersihan, yakni mengangkut tanah yang dikepras itu ke lokasi lain agar jalan yang habis dikepras menjadi bersih dan mudah dilalui kendaraan,” katanya. (bri/mat)